Hurin, iti (2023) Pengembangan Modul Nilai-Nilai Karakter Berbasis Digital untuk Siswa MTsN 1 Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Siti Hurin In _ 19381012188_Cover_PAI-1.pdf Download (455kB) |
|
Text
Siti Hurin In_ 19381012188_ Lembar Persetujuan Pembimbing_PAI.pdf Download (255kB) |
|
Text
Siti Hurin In _ 19381012188_ Halaman Pengesahan_PAI.pdf Download (433kB) |
|
Text
Siti Hurin In _ 19381012188_ Abstrak_PAI.pdf Download (34kB) |
|
Text
Siti Hurin In _ 19381012188_Daftar Isi_PAI.pdf Download (291kB) |
|
Text
Siti Hurin In _ 19381012188_ Bab 1_PAI.pdf Download (466kB) |
|
Text
Siti Hurin In _ 19381012188_ Bab II_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (513kB) |
|
Text
Siti Hurin In _ 19381012188_ Bab III_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (554kB) |
|
Text
Siti Hurin In _ 19381012188_ Bab IV_PAI.pdf Download (696kB) |
|
Text
Siti Hurin In _ 19381012188_ Bab V_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
|
Text
Siti Hurin In _ 19381012188_ Daftar Pustaka_PAI.pdf Download (219kB) |
|
Text
Siti Hurin In _ 19381012188_ Surat Pernyataan Keasliann Tulisan_PAI(1).pdf Download (443kB) |
Abstract
Kata Kunci: Modul, Nilai-Nilai Karakter, Digital, Siswa MTsN 1 Sampang. Modul adalah suatu unit yang lengkap berdiri sendiri, dan terdiri dari suatu rangkaian kegiatan belajar dalam mencapai suatu tujuan yang dirumuskan secara khusu dan jelas, dalam sumber lain, dinyatakan bahwa modul ialah sejenis satuan kegiatan belajar yang terencana dan didesain oleh guru guna membantu peserta didik didalam mencapai suatu tujuan tertentu. Isi didalam modul pun dapat menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa. Di era digital ini semuanya sudah rata-rata bisa mengakses yang berkaitan dengan internet, apalagi dalam lingkungan sekolah sekarang bisa menjadi tantangan yang berpengaruh sekali terhadap perkembangan anak dan pembentukan karakter pada anak dizaman sekarang ini. Guru pun juga harus ekstra menjadi motivator yang berdampak pada pembentukan karakter anak, dalam hal ini proses pembelajaran yang sudah bisa menggunakan teknologi akan membuat siswa tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga rumusan masalah yang menjadi pokok kajian penelitian ini. Pertama, Bagaimana pengembangan modul nilai-nilai karakter berbasis digital untuk siswa MTsN 1 Sampang?. Kedua, Bagaimana keefektian pengembangan modul nilai-nilai karakter berbasis digital untuk siswa MTsN 1 Sampang?. Ketiga, Apa saja tantangan pengembangan modul nilai-nilai karakter berbasis digital untuk siswa MTsN 1 Sampang?. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis deskriptif, dengan sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informannya adalah waka kurikulum, kesiswaan, siswa, dan guru MTsN 1 Sampang. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya mengamati dengan tekun dan teliti. Penelitian ini dimulai pada tanggal 20 Februari 2023 di MTsN 1 Sampang. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa yang pertama ialah mengembangkan modul nilai-nilai karakter berbasis digital pada saat proses pembelajaran sangat mendukung dalam meningkatkan minat belajar siswa, yang kedua dapat menanamkan nilai-nilai karakter kepada siswa serta dapat membuat guru lebih kreatifitas dalam menciptakan materi yang menarik, dan yang ketiga yaitu meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya pendidikan karakter dimasa era digital.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 04:46 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 04:46 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6037 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |