Ardiansah Pratama, Muhammad Nur (2023) kegiatan Amaliyah Tadris dalam meningkatkan kompetesnsi pedagogik santri kelas VI Niha’ie di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Sampul Ardi.pdf Download (344kB) |
|
Text
persetujuan aardi.pdf Download (85kB) |
|
Text
pengesahan aardi.pdf Download (113kB) |
|
Text
Abstrak Ardi.pdf Download (116kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (339kB) |
|
Text
Bab 1 Ardi.pdf Download (548kB) |
|
Text
Bab 2 Ardi.pdf Restricted to Repository staff only Download (566kB) |
|
Text
Bab 3 Ardi.pdf Restricted to Repository staff only Download (602kB) |
|
Text
Bab 4.pdf Download (550kB) |
|
Text
Bab 5 Ardi.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
|
Text
Daftar Rujukan Ardi.pdf Download (352kB) |
|
Text
keaslian aardi.pdf Download (118kB) |
Abstract
Kata Kunci: Kegiatan Amaliyah Tadris, Kompetensi Pedagogik, Santri Pendidikan merupakan sebuah penentu mutu dan kualitas dari muridnya. Sebagai calon pendidik santri kelas VI Niha’ie mengalami problematika dalam mengajar, hal tersebut berkaitan dengan kompetensi pedagogik. Terselenggaranya kegiatan Amaliyah Tadris atau pembekalan bertujuan untuk memberikan latihan praktek mengajar kepada santri kelas VI Niha’ie. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) bagaimana pelaksanaan kegiatan Amaliyah Tadris khusus kelas VI (Niha’ie) di Pondok Pesantren AlAmien Prenduan, (2) bagaimana kontribusi kegiatan Amaliyah Tadris dalam meningkatkan kompetensi pedagogik santri kelas VI Niha’ie Di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi dalam penelitian ini yaitu Di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan yang terletak di Jl. Pamekasan-Sumenep, Desa mornangka, pragaan laok, kec. Pragaan, kab. Sumenep. Teknik pengumpulan data nya dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun dalam pengecekan keabsahan data peneliti melakukan melalui triangulasi. Hasil penelitian mengungkap pertama, pelaksanaan dari kegiatan Amaliyah Tadris meliputi: persiapan, pelaksanaan, evaluasi. Terselenggaranya kegiatan Amaliyah Tadris membawa dampak yang baik bagi santri kelas VI Niha’ie sendiri, karena kegiatan tersebut menjadi wadah untuk mengimplementasikan teori keilmuan yang telah diperoleh dan untuk melatih mental santri kelas VI Niha’ie dalam menyebarkan ilmu kelak ketika sudah berada di tengah-tengah masyarakat. Kedua, kontribusi kegiatan Amaliyah Tadris dalam meningkatkan kompetensi pedagogik santri kelas VI Niha’ie, yaitu melalui pembekalan dengan tujuan untuk memberikan wawasan keguruan bagi peserta Amaliyah Tadris. Kemudian peserta Amaliyah Tadris dibimbing dan diarahkan oleh guru pamong untuk membuat program pembelajaran, meliputi: tujuan, materi dan evaluasi pembelajaran yang dirangkum dalam bimbingan I’dad.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 04:45 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 04:45 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6043 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |