Penerapan Strategi Interactive Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas 5 di SDN Larangan Badung 1 Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan

Farwanti, Farwanti (2023) Penerapan Strategi Interactive Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas 5 di SDN Larangan Badung 1 Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Farwanti_19381012104_Cover_PAI.pdf

Download (164kB)
[img] Text
Farwanti_19381012104_Persetujuan Pembimbing_PAI.pdf

Download (54kB)
[img] Text
Farwanti_19381012104_Lembar Pengesahan_PAI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
Farwanti_19381012104_Abstrak_PAI.pdf

Download (147kB)
[img] Text
Farwanti_19381012104_Daftar Isi_PAI.pdf

Download (162kB)
[img] Text
Farwanti_19381012104_BAB I_PAI.pdf

Download (430kB)
[img] Text
Farwanti_19381012104_BAB II_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)
[img] Text
Farwanti_19381012104_BAB III_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] Text
Farwanti_19381012104_BAB IV_PAI.pdf

Download (650kB)
[img] Text
Farwanti_19381012104_BAB V_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] Text
Farwanti_19381012104_Daftar Pustaka_PAI.pdf

Download (150kB)
[img] Text
Farwanti_19381012104_Pernyataan Keaslian Karya_PAI.pdf

Download (94kB)

Abstract

Kata Kunci : Strategi Interactive Learning, Motivasi Belajar. Dari hasil observasi awal di SDN Larangan Badung 1 terdapat permasalahan pada saat pembelajaran PAI yaitu kurangnya kreativitas strategi yang digunakan oleh guru ketika pembelajaran, sehingga motivasi belajar PAI siswa kelas 5 di SDN Larangan Badung 1 masih rendah. Siswa kurang antusias, merasa bosan dan jenuh dalam belajar. Maka dari itu, peneliti peneliti bergerak untuk menumbuhkan motivasi belajar PAI dengan menerapkan strategi interactive learning. Strategi ini berpusat pada siswa, dengan dibentuk beberapa kelompok untuk melihat interaksi siswa antar siswa, sehingga strategi ini mampu mengatasi masalah rendahnya motivasi belajar pendidikan agama islam siswa kelas 5 di SDN Larangan Badung 1. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni : 1. Untuk mendeskripsikan penerapan strategi interactive learning dalam meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama islam kelas 5 di SDN Larangan Badung 1 palengaan pamekasan. 2. Untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas 5 di SDN Larangan Badung 1 setelah menerapkan strategi interactive learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dalam satu siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : perencaaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru kelas 5 dan siswa kelas 5 SDN Larangan Badung 1. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu data-data yang diperoleh dari penelitian melalui observasi. Hasil penelitian pada siklus I pertemuan pertama menunjukkan rata-rata persentase motivasi belajar siswa tergolong dalam kategori kurang sekali yaitu 37,5%, dan pada pertemuan kedua rata-rata persentase motivasi belajar siswa mencapai 57,5% tergolong dalam kategori kurang. Sedangkan pada siklus IIpertemuan pertama rata-rata persentase motivasi belajar siswa sudah mengalami peningkatan meskipun belum mencapai insikator keberhasilan yaitu 75% dalam kategori cukup. Pada pertemuan kedua rata-rata persentase motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yang sangat signifikan yaitu mencapai 85% dengan kategori baik sekali.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:45
Last Modified: 10 Jul 2024 04:45
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6047

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item