Syarifah, Adilla (2023) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PABP) Pesera Didik Pada Kelas V SDN Pegantenan 2 Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
ADILLA SYARIFAH _19381012105_ COVER_ PAI.pdf Download (19kB) |
|
Text
ADILLA SYARIFAH_ 19381012105_HALAMAN PERSETUJUAN_PAI.pdf Download (67kB) |
|
Text
ADILLA SYARIFAH_19381012105_HALAMAN PENGESAHAN_PAI.pdf Download (138kB) |
|
Text
ADILLA SYARIFAH_19381012105_ABSTRAK_PAI.pdf Download (65kB) |
|
Text
ADILLA SYARIFAH_19381012105_ DAFTAR ISI _PAI.pdf Download (60kB) |
|
Text
ADILLA SYARIFAH_19381012105_BAB I_PAI.pdf Download (282kB) |
|
Text
ADILLA SYARIFAH_19381012105_BAB II_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) |
|
Text
ADILLA SYARIFAH_19381012105_BAB III_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
|
Text
ADILLA SYARIFAH_19381012105_BAB IV_PAI.pdf Download (373kB) |
|
Text
ADILLA SYARIFAH_19381012105_BAB V_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
|
Text
ADILLA SYARIFAH_19381012105_DAFTAR RUJUKAN_PAI.pdf Download (146kB) |
|
Text
ADILLA SYARIFAH_19381012105_PERYATAAN KEASLIAN TULISAN_PAI.pdf Download (105kB) |
Abstract
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Team Games Tournament, Hasil Belajar. Penggunaan metode konvensional secara terus menerus oleh pendidik menyebabkan suasana pembelajaran menjadi lebih membosankan dan monoton bagi peserta didik, sehingga hal ini juga mempengaruhi hasil belajar. Untuk mengatasi hal ini dibutuhkan kreativitas dan kemampuan guru dalam penggunaan metode yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik di dalam kelas. Menurut jean piaget, tahap perkembangan kognitif dan moral pada anak sekolah dasar yakni anak-anak belajar melalui permainan di lapangan bersama rekan sebayanya. Metode pembelajaran yang sesuai dengan pendapat ahli yakni dengan menggunakan metode kooperatif tipe Team Game Tournement. Pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang mudah diterapkan, melibatkan peran siswa sebagi tutor sebaya dan mengandung permainan dan reinforcement yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi mengenai pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) mengenai peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti (PABP) pada kelas V di SDN PEGANTENAN 2. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus pembelajaran dalam 4 kali pertemuan. Dengan menggunakan pengumpulan data tes tertulis, lembar observasi untuk mengamati aktivitas mengajar pendidik, metode dokumentasi dan wawancara. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournemant dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PABP kelas V di SDN pegantenan 2?” Berdasarkan hasil analisis dari penelitian dapat diketahui bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament, hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Siklus I hasil belajar peserta didik mencapai ketuntasan 76% pada siklus II mencapai 100%. Berdasarkan hal ini dapat disimpulkan baahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PABP pada peserta didik kelas V di SDN pegantenan 2.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 04:43 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 04:43 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6063 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |