Upaya Kepala Madrasah Dalam Menumbuhkan Karakter Religius Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan Di Madrasah Aliyah Negeri Sumenep

Rasyidah, Nikmatur (2023) Upaya Kepala Madrasah Dalam Menumbuhkan Karakter Religius Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan Di Madrasah Aliyah Negeri Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Nikmatur Rasyidah_19381042002_Cover_MPI.pdf

Download (101kB)
[img] Text
Nikmatur Rasyidah_19381042002_Halaman_Persetujuan_MPI.pdf

Download (102kB)
[img] Text
Nikmatur Rasyidah_19381042002_Halaman_Pengesahan_MPI.pdf

Download (139kB)
[img] Text
Nikmatur Rasyidah_19381042002_Abstrak_MPI.pdf

Download (182kB)
[img] Text
Nikmatur Rasyidah_19381042002_Daftar_Isi_MPI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Nikmatur Rasyidah_19381042002_BAB I_MPI.pdf

Download (496kB)
[img] Text
Nikmatur Rasyidah_19381042002_BAB II_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] Text
Nikmatur Rasyidah_19381042002_BAB III_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
Nikmatur Rasyidah_19381042002_BAB IV_MPI.pdf

Download (339kB)
[img] Text
Nikmatur Rasyidah_19381042002_BAB V_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
Nikmatur Rasyidah_19381042002_Daftar_Pustaka_MPI.pdf

Download (286kB)
[img] Text
Nikmatur Rasyidah_19381042002_Keaslian Tulisan_MPI.pdf

Download (164kB)

Abstract

Kata Kunci : Upaya Kepala Madrasah, Krakter Religius, Kegiatan Keagamaan Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap Upaya Kepala Madrasah Dalam Menumbuhkan Karakter Religius Siswa dengan menerapkan beberapa kegiatan yang mana tidak semua madrasah menerapkan hal tersebut. Peneitian ini bertujuan mengetahui bagaimana karakter religius siswa yang di terapkan di Madrasah Aliyah negeri sumenep dan bagaimana upaya kepala madrasah dalam menumbuhkan karakter religius siswa melalui kegiatan keagamaan. Kegiatan keagamaan diantaranya yaitu penyambutan siswa, kegiatan membaca Al-Qur’an, peringatan hari besar islam (PHBI), sholat dhuha berjamaah dan sholat dhuhur berjamaah. Fokus penelitian yang diambil oleh peneliti yaitu;1)Bagaimana upaya kepala madrasah dalam menumbuhkan karakter religius siswa di MAN Sumenep. 2)Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembentukan karakter religius siswa melalui kegiatan keagamaan di MAN Sumenep. Sehingga dengan fokus penelitian ini peneliti dapat menemukan jawaban atas penelitian yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Data yang diperoleh dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkankan sumber datanya yaitu dari kepala madrasah, guru keagamaan, waka kurikulum, waka kesiswaan, siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya dilakukan trianggulasi, perpanjangan keikutsertaan, dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya kepala madrasah dalam menumbuhkan karakter religius siswa melalui kegiatan keagamaan di MAN Sumenep yaitu, dengan diadakannya program kegiatan keagamaan di sekolah berdasarkan pelaksanaannya yaitu diantaranya penyambutan siswa, pelaksaan sholat dhuha dan dhuhur berjamaah, membaca Al-Qur’an dan memperingati hari besar islam. Faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan karakter religius di MAN Sumenep yaitu bisa dari kepala madrasah, guru keagamaan, para guru, peserta didik yang ikut berpartisipasi dan fasilitas yang mendukung. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu peserta didik yang masih kurang kesadaran. Solusi dalam mengatsi faktor penghambat yaitu dengan cara memberikan dorongan atau pembinaan bagi peserta didik, serta tidak lupa mengutamakan kedisiplinan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:32
Last Modified: 11 Jul 2024 02:32
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6073

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item