Penerapan Mata Pelajaran Tarjim (Terjemah Al-Qur’an) Dalam Menguatkan Pemahaman Al-Qur’an Pada Santri Di SMP Plus Nurul Hikmah Kabupaten Pamekasan

Salamah, Ummi (2023) Penerapan Mata Pelajaran Tarjim (Terjemah Al-Qur’an) Dalam Menguatkan Pemahaman Al-Qur’an Pada Santri Di SMP Plus Nurul Hikmah Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a) Ummi Salamah_19381012019_Cover_PAI.pdf

Download (279kB)
[img] Text
c) Ummi Salamah_19381012019_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PAI.pdf

Download (123kB)
[img] Text
d) Ummi Salamah_193381012019_Lembar_Pengesahan_PAI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
e) Ummi Salamah_19381012019_Abstrak_PAI.pdf

Download (452kB)
[img] Text
f) Ummi Salamah_19381012019_Daftar_Isi_PAI.pdf

Download (301kB)
[img] Text
g) Ummi Salamah_19381012019_BAB I_PAI.pdf

Download (521kB)
[img] Text
h) Ummi Salamah_19381012019_BAB II_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (709kB)
[img] Text
i) Ummi Salamah_19381012019_BAB III_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] Text
j) Ummi Salamah_19381012019_BAB IV_PAI.pdf

Download (815kB)
[img] Text
k) Ummi Salamah_19381012019_BAB V_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text
l) Ummi Salamah_19381012019_Daftar_Pustaka_PAI.pdf

Download (423kB)
[img] Text
b) Ummi Salamah_19381012019_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_PAI.pdf

Download (182kB)

Abstract

Kata Kunci: Mata Pelajaran Tarjim, Penguatan, Pemahaman Al-Qur’an Di era digital seperti saat ini, dari pihak sekolah atau orang tua akan kesulitan mengajarkan anak untuk memahami Al-Qur’an, terlebih untuk siswa SMP. Mereka pastinya tidak akan pernah lepas dari handphone. Ketika sudah bermain handphone, mempelajari dan membaca Al-Qur’an pun menjadi malas. Karena inilah, ada tiga permasalahan yang menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu bagaimana bentuk penerapan mata pelajaran Tarjim (terjemah Al-Qur’an)?, apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan mata pelajaran Tarjim (terjemah Al-Qur’an)? dan bagaimana hasil dari penerapan mata pelajaran Tarjim (terjemah Al-Qur’an) dalam menguatkan pemahaman Al-Quran pada santri di SMP Plus Nurul Hikmah kabupaten Pamekasan?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan bentuk penerapan mata pelajaran Tarjim (terjemah Al-Qur’an), untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan mata pelajaran Tarjim (terjemah Al-Qur’an) dan hasil dari penerapan mata pelajaran Tarjim (terjemah Al-Qur’an) dalam menguatkan pemahaman Al-Quran pada santri di SMP Plus Nurul Hikmah kabupaten Pamekasan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh peneliti yaitu dari hasil obsevasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan informannya antara lain kepala sekolah, guru, dan santri di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan. Untuk pengecekan keabsahan data peneliti melakukan langkah-langkah antara lain perpanjangan keikutsertaan peneliti, triangulasi, dan ketekunan pengamatan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pertama, bentuk penerapan mata pelajaran tarjim (terjemah Al-Qur’an) diterapkan dengan persiapan guru sebelum mengajar, yaitu menyiapkan materi, menyusun RPP, dan menentukan metode yang akan digunakan. Langkah-langkah yang dilakukan guru, yaitu menyampaikan materi, menuliskan ayat beserta terjemahannya, memberikan penjelasan, memberikan kesempatan pada santri untuk bertanya, dan men-talkinkan santri. Langkah-langkah yang dilakukan santri, yaitu menuliskan materi, mendengarkan penjelasan dan mengikuti bacaan guru. Sarana dan prasarana yang digunakan, yaitu Al-Qur’an terjemah secara per kata, papan tulis, spidol, penghapus dan ruang kelas. Kedua, faktor pendukung dari penerapan mata pelajaran tarjim yaitu santri dapat menerjemahkan ayat Al-Qur’an secara per kata dan sudah mengantongi sebanyak tujuh puluh persen kosakata dalam Al-Qur’an. Faktor penghambatnya yaitu kurangnya alokasi waktu. Upaya untuk meminimalisir hambatan tersebut, yaitu memperbolehkan santri untuk menghafal dari rumah dan setoran hafalan bisa melalui via whatsapp dalam bentuk video. Ketiga, hasil dari penerapan mata pelajaran tarjim, yaitu jumlah santri yang pemahaman lebih kuat terhadap ayat-ayat Al-Qur’an lebih banyak daripada yang tidak dengan dilakukannya tes lisan dan tes tulis. Kelas 7 sebanyak 48 dari 71 santri, kelas 8 sebanyak 37 dari 67 santri, dan kelas 9 sebanyak 49 dari 87 santri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:42
Last Modified: 10 Jul 2024 04:42
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6080

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item