Fitriyah, Ainul (2023) Penanganan Guru Pada Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Pendidikan Inklusi Di SMP Negeri 2 Larangan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
19381042142_SAMPUL.pdf Download (189kB) |
|
Text
19381042142_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (32kB) |
|
Text
19381042142_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (42kB) |
|
Text
19381042142_ABSTRAK.pdf Download (149kB) |
|
Text
19381042142_DAFTAR ISI.pdf Download (165kB) |
|
Text
19381042142_BAB I.pdf Download (405kB) |
|
Text
19381042142_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) |
|
Text
19381042142_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (394kB) |
|
Text
19381042142_BAB IV.pdf Download (532kB) |
|
Text
19381042142_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
|
Text
19381042142_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (268kB) |
|
Text
19381042142_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (41kB) |
Abstract
Kata Kunci: Penanganan Guru, Anak Berkebutuhan Khusus, Pendidikan Inklusi Yang melatar belakangi penelitian ini yaitu Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus karena anak berkebutuhan khusus merupakan anak yang memiliki keterbatasan atau hambatan, baik fisik, mental intelektual, sosial, maupun emosional yang dapat mempengaruhi dalam proses pertumbuhan atau perkembangannya dibandingkan dengan anak-anak lainnya. Oleh karena itu, anak berkebutuhan khusus memerlukan pelayanan yang khusus. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti mengambil tiga fokus yaitu (1) Bagaimana gambaran Anak Berkebutuhan Khusus di SMP Negeri 2 Larangan Pamekasan? (2) Bagaimana upaya Guru dalam melayani Proses Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Pendidikan Inklusi di SMP Negeri 2 Larangan Pamekasan? (3) Apa saja kendala yang dihadapi Guru dalam melayani Proses Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus? Metode penelitian dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan Observasi non partisipan, Wawancara tidak terstruktur, Dokumentasi hal-hal yang berkaitan dengan penelitian. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Sedangkan Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini yaitu pertama Gambaran Anak Berkebutuhan khusus di SMP Negeri 2 Larangan terdapat tiga jenis anak berkebutuhan khusus yaitu, Jenis berkebutuhan khusus Down Syndrome yang berperilakusering mengalami tantrum, Jenis berkebutuhah khusus Attention Deficit Hyperactivity Disorder yang berperilaku tidak mau diam dan mengganggu temannya, dan Jenis berkebutuhan khsusu Down Aspergeryang berperilaku menutup diri dan tidak mau berbaur. Kedua, Upaya guru dalam melayani proses pembelajaran pada anak berkebutuhan khusus yaitu: Adanya pembimbing khusus, Penanganan setiap jenis berkebutuhan khusus dibedakan, dan adanya ruang terpisah bagi anak berkebutuhan khusus. Ketiga, Kendala Yang dihadapi Guru dalam Melayani Proses Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus yaitu: Guru pembimbing ABK bukan lulusan PLB (Pendidikan Luar Biasa), Minimnya fasilitas yang disediakan sekolah untuk ABK, dan Jenis ABK yang beragam
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 02:32 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 02:32 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6084 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |