Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Potensi Siswa Berkebutuhan Khusus di SMA Negeri 2 Pamekasan

Rhasyifa, Kamilatul (2023) Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Potensi Siswa Berkebutuhan Khusus di SMA Negeri 2 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
kamilatul rhasyifa_19381042153_Cover_MPI.pdf

Download (248kB)
[img] Text
kamilatul rhasyifa_19381042153_Surat Persetujuan Pembimbing_MPI.pdf

Download (71kB)
[img] Text
kamilatul rhasyifa_19381042153_lembar Pengesahan 2.pdf

Download (363kB)
[img] Text
kamilatul rhasyifa_19381042153_Abstrak_MPI.pdf

Download (34kB)
[img] Text
kamilatul rhasyifa_19381042153 Daftar Isi_MPI.pdf

Download (299kB)
[img] Text
kamilatul rhasyifa_19381042153_BAB I_MPI.pdf

Download (608kB)
[img] Text
kamilatul rhasyifa_19381042153_BAB II_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] Text
kamilatul rhasyifa_19381042153_BAB III_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] Text
kamilatul rhasyifa_19381042153_BAB IV_MPI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
kamilatul rhasyifa_19381042153_BAB V_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
kamilatul rhasyifa_19381042153_Daftar Pustaka_MPI.pdf

Download (301kB)
[img] Text
kamilatul rhasyifa_19381042153_surat pernyataan keaslian tulisan_MPI.pdf

Download (110kB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi, Pengembangan Potensi, Siswa berkebutuhan khusus. Setiap manusia di dunia ini terlahir dengan kondisi dan keadaan yang berbeda, ada sebagian anak terlahir dengan keterbatasan pada beberapa aspek yang di sebut dengan anak berkebutuhan khusus, beberapa hal telah dilakukan sebagai usaha memberikan pelayanan pada anak berkebutuhan khusus ini, antara lain melalui pendidikan khusus di mana guru sangat berperan penting dalam proses pembelajarannya, dan hal ini harus di dukung oleh kepala sekolah agar mampu merealisasikan sebagian program terhadap peserta didik, salah satu sekolah yang menangani peserta didik ini adalah SMA Negeri 2 Pamekasan. Berdasarkan hal tersebut di atas, maka dalam penelitian ini terdapat tiga fokus penelitian dalam penelitian ini, pertama, Bagaimana implementasi strategi kepala sekolah dalam mengembangkan potensi siswa berkebutuhan khusus, kedua apa saja faktor pendukung dan penghambat dari strategi kepala sekolah dalam mengembangkan potensi siswa berkebutuhan khusus, ketiga apa hasil dari strategi kepala sekolah dalam mengembangkan potensi siswa berkebutuhan khusus. Dalam penelitian ini pendekatan yang dilakukan oleh peneliti yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh dari Kepala Sekolah, Guru pendamping Inklusi, Guru Bk. Penggunaan penelitian dengan metode kualitatif dan jenis deskriptif adalah untuk mencocokkan antara realita yang ada dilapangan dengan teori yang berlaku. Prosedur pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Wawancara, Observasi, dan Dokumetasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama implementasi strategi kepala sekolah dalam mengembangkan potensi siswa berkebutuhan khusus diantaranya dilakukan pembentukan koordinator inklusi yang melibatkan semua guru, adanya program bagi siswa inklusi, fasilitas inklusi berupa penanganan khusus bagi siswa inklusi. Kedua faktor pendukung dan penghambat strategi kepala sekolah dalam mengembangkan potensi siswa berkebutuhan khusus diantaranya support positif dari orang-orang disekitarnya, siswa yang menutup diri karena perlakuan yang diterimanya, pengelolaan kelas yang buruk. Ketiga Hasil strategi kepala sekolah dalam mengembangkan potensi siswa, yaitu pertama perilaku siswa yang stabil dan patuh terhadap peraturan sekolah dan kegiatan sekolah lainnya, kedua siswa inklusi menunjukkan kepulihan dari masalah yang dialami siswa inklusi, ketiga siswa inklusi aktif mengikuti kegiatan belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:58
Last Modified: 11 Jul 2024 02:58
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6089

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item