Maulidiyah, Yunita Isna (2023) Upaya Guru PAI dalam Menerapkan Mading Keagamaan Untuk Meningkatkan Nilai-nilai Religius Siswa di SMPN 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
20381012192_SAMPUL.pdf Download (101kB) |
|
Text
20381012192_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (75kB) |
|
Text
20381012192_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (101kB) |
|
Text
Yunita Isna Maulidiyah_20381012192_ABSTRAK.pdf Download (36kB) |
|
Text
20381012192_DAFTAR ISI.pdf Download (121kB) |
|
Text
20381012192_BAB I.pdf Download (279kB) |
|
Text
20381012192_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (411kB) |
|
Text
20381012192_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) |
|
Text
20381012192_BAB IV.pdf Download (548kB) |
|
Text
20381012192_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
|
Text
20381012192_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (181kB) |
|
Text
20381012192_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (112kB) |
Abstract
Kata Kunci: Upaya Guru, Guru PAI, Mading Keagamaan, Nilai Religius Peran guru sangat dibutuhkan dalam meningkatkan kemajuan pendidikan. SMPN 1 Pamekasan merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menerapkan mading keagamaan guna meningkatkan nilai-nilai religius. Sebagai lembaga pendidikan tentu memiliki upaya-upaya tersendiri dalam meningkatkan nilai-nilai religius, salah satunya dengan penerapan mading keagamaan sebagai solusi yang diterapkan di SMPN 1 Pamekasan. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana upaya guru PAI dalam memotivasi siswa dalam menerapkan mading keagamaan di SMPN 1 Pamekasan? Kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan mading keagamaan untuk meningkatkan nilai-nilai religius siswa di SMPN 1 Pamekasan? Ketiga, bagaimana gambaran hasil upaya dalam meningkatkan nilai-nilai religius siswa di SMPN 1 Pamekasan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informasinya adalah kepala sekolah, guru PAI dan siswa SMP Negeri 1 Pamekasan. Pengecekan keabsahan data yang dilakukan oleh penulis melalui perpanjangan, keikutsertaan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, upaya guru PAI dalam memotivasi siswa dalam menerapkan mading keagamaan di SMPN 1 Pamekasan dengan cara memberikan pelajaran tentang bagaimanaa cara membuat karya dan diberikan pemahaman tentang kegamaan oleh Guru PAI. Setelah itu diberikan bimbingan dalam menulis materi, hadist, khot secara baik di mading. Kedua, faktor pendukung dalam menerapkan mading keagamaan untuk meningkatkan nilai-nilai religius siswa di SMPN 1 Pamekasan yaitu didukung oleh kepala sekolah dengan adanya pelaksanaan kegiatan mading keagamaan, kemudian adanya sarana dan prasarana. Bagi siswa kegiatan mading keagamaan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kreatifitas siswa dalam menumbuhkan ide melalui karya berupa tulisan dan memahami materi keagamaan serta mengimplemetasikan nilai-nilai religius. Sedangkan faktor penghambat dalam menerapkan mading keagamaan untuk meningkatkan nilai-nilai religius siswa di SMPN 1 Pamekasan, yaitu: sebagian siswa kurang kedisiplinan dalam membawa bahan-bahan yang berkenaan dengan mading. Ketiga, gambaran hasil upaya dalam menerapkan mading keagamaan yakni tumbuhnya kreatifitas siswa menulis di mading dan kesadaran literasi siswa dalam menelaah beberapa tulisan. Setelah itu, guru menilai hasil karya siswa yang diletakkan di mading dan memberikan hadiah sebagai bentuk apresiasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 04:42 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 04:42 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6090 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |