Rosidi, Muhammad Imron (2023) Analisis Pengembangan Karakter Siswa melalui Keaktifan Berorganisasi Siswa Intra Madrasah di MTs Negeri 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
MUH. IMRON R_19381041056_SAMPUL.pdf Download (80kB) |
|
Text
Muhammad Imron Rosidi_19381041056_Lembar Persetujuan_MPI.pdf Download (88kB) |
|
Text
Muhammad Imron Rosidi_19381041056_Lembar Pengesahan_MPI.pdf Download (153kB) |
|
Text
19381041056_ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
|
Text
MUH. IMRON R_19381041056_DAFTAR ISI .pdf Download (137kB) |
|
Text
Muhammad imron rosidi_ 19381041056_ BAB 1_ MPI .pdf Download (167kB) |
|
Text
Muhammad imron rosidi_19381041056_BAB 2 _ MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
|
Text
Muhammad imron rosidi_19381041056_BAB 3_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
|
Text
Muhammad imron rosidi_19381041056_BAB 4_MPI.pdf Download (1MB) |
|
Text
MUH.IMRON R_19381041056_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (135kB) |
|
Text
Muhammad Imron Rosidi_19381041056_Pernyataan Keaslian Tulisan_MPI.pdf Download (105kB) |
Abstract
Kata kunci : pengembangan karakter, keaktifan, OSIM Setiap Lembaga Pendidikan memiliki strategi tersendiri dalam melakukan pengembangan karakter pada siswanya. Pengembangan karakter identic dengan Pendidikan karakter yang mengacu pada implementasi nilai-nilai Pendidikan karakter. MTs Negeri 1 Pamekasan melakukan strategi pengembangan karakter melalui keaktifan siswa dalam mengikuti berbagai macam kegiatan yang dirancang oleh Oganisasi Siswa Intra Madrasah. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan pokok yang menjadi kajian dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana strategi pengembangan karakter siswa melalui keaktifan berorganisasi siswa intra madrasah di MTs Negeri 1 Pamekasan, bagaimana faktor pendukung dan penghambat pengembangan karakter siswa melalui keaktifan berorganisasi siswa intra madrasah di MTs Negeri 1 Pamekasan. Penelitian ini termasuk dalam pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang dapat diamati. Pengumpulan datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan proses menarik kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan menggunakan perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan karakter siswa melalui keaktifan berorganisasi siswa intra madrasah di Mts Negeri 1 Pamekasan dikemas dengan kegiatan keagamaan, kegiatan social, kegiatan peduli lingkungan, dan kegiatan pelatihan dan diklat. Faktor Pendukung dalam pelaksanaan kegiatan tersebut meliputi: Antusias siswa yang aktif dalam mengikuti kegiatan pengembangan karakter, adanya arahan dari dewan guru khususnya waka kesiswaan, komunikasi yang baik antar pihak yang bersangkutan, serta kekompakan dan kerja sama semua pihak baik dari guru, pengurus OSIM, dan siswa. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi: sebagian fasilitas kurang memadai seperti musolla dan aula kurang besar, kurangnya kesadaran diri sebagian siswa untuk aktif dalam mengikuti kegiatan, pengaruh teman sebaya, serta keterlambatan pemateri saat mengisi kegiatan pelatihan dan diklat
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 02:58 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 02:58 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6092 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |