eran Pustakawan Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Dan Menulis Santri Di Pondok Pesantren Miftahul Amin Panaan Palengaan Pamekasan

Hasan, Nur (2023) eran Pustakawan Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Dan Menulis Santri Di Pondok Pesantren Miftahul Amin Panaan Palengaan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Nur Hasan_19381041094_COVER_MPI.pdf

Download (65kB)
[img] Text
Nur Hasan_19381041094_Halaman_Persetujuan_MPI.pdf

Download (166kB)
[img] Text
Nur_Hasan_19381041094_Halaman_Pengesahan_MPI.pdf

Download (228kB)
[img] Text
Nur Hasan_19381041094_Abstrak_MPI.pdf

Download (14kB)
[img] Text
Nur Hasan_19381041094_DAFTAR_ISI_MPI.pdf

Download (38kB)
[img] Text
Nur Hasan_19381041094_BAB I_MPI.pdf

Download (299kB)
[img] Text
Nur Hasan_19381041094_BAB II_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] Text
Nur Hasan_19381041094_BAB III_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
Nur Hasan_19381041094_BAB V_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
Nur Hasan_19381041094_DAFTAR_PUSTAKA_MPI.pdf

Download (238kB)
[img] Text
Nur_Hasan_19381041094_Surat_Keaslian_Tulisan_MPI.pdf

Download (227kB)

Abstract

Kata Kunci: Peran Pustakawan, Meningkatkan Literasi Membaca dan Menulis Peran pustakawan dalam meningkatkan literasi membaca dan menulis diPondok Pesantren Miftahul Amin Panaan Palengaan Pamekasan diterapkan dengan baik, yang mana pustakawan memfasilitasi kebutuhan santri/siswa dengan menyediakan berbagai referensi. Para pustakawan mempunyai peran dan tanggung jawab masing-masing sesuai dengan struktur perpustakaan, salah satunya pustakawan melayani sirkulasi di dalam perpustakaan. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini: Pertama bagaimana peran pustakawan dalam meningkatkan kemampuan literasi membaca dan menulis santri di pondok pesantren miftahul amin panaan palengaan pamekasan, kedua apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat peran pustakawan dalam meningkatkan kemampuan literasi membaca dan menulis santri di pondok pesantren miftahul amin panaan palengaan pamekasan dan ketiga bagaimana relasi peranan pustakawan terhadap keberhasilan peningkatan kemampuan literasi membaca dan menulis santri di pondok pesantren miftahul amin panaan palengaan pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru dan santri. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, peran pustakawan dalam meningkatkan kemampuan literasi membaca dan menulis di Pondok Pesantren Miftahul Amin Panaan Palengaan Pamekasan berjalan dengan baik, yaitu para pustakawan memberikan pelayanan dan membantu pemustaka dalam menemukan sumber informasi dengan lebih mudah. Kedua, faktor pendukung dan faktor penghambat peran pustakawan dalam meningkatkan kemampuan literasi membaca dan menulis adalah fasilitas yang memadai, motivasi diri para santri dan juga pelayanan yang diberikan pustakawan kepada pemustaka. Ketiga, relasi peranan pustakawan terhadap keberhasilan peningkatan kemampuan literasi membaca dan menulis santri beberapa tahun belakangan ini sedikit banyak telah membuahkan hasil yaitu banyak santri yang telah mengalami perubahan, perubahan ini salah satunya santri berhasil meraih juara lomba puisi dengan sering membaca, serta berkurangnya santri yang malas membaca dan menulis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:58
Last Modified: 11 Jul 2024 02:58
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6102

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item