Strategi Kepala Madrasah dalam Mewujudkan Madrasah Plus Keterampilan melalui Kerjasama dengan Publik Eksternal di MAN 2 Pamekasan

Yunita, Nurma (2023) Strategi Kepala Madrasah dalam Mewujudkan Madrasah Plus Keterampilan melalui Kerjasama dengan Publik Eksternal di MAN 2 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Nurma Yunita_19381042042_Cover_MPI.pdf

Download (31kB)
[img] Text
Nurma Yunita_19381042042_Lembar Persetujuan Pembimbing_MPI.pdf

Download (74kB)
[img] Text
Nurma Yunita_19381042042_Lembar Pengesahan_MPI.pdf

Download (111kB)
[img] Text
Nurma Yunita_19381042042_Abstrak_MPI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Nurma Yunita_19381042042_Daftar Isi__MPI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
Nurma Yunita_19381042042_BAB I_MPI.pdf

Download (129kB)
[img] Text
Nurma Yunita_19381042042_BAB II_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] Text
Nurma Yunita_19381042042_BAB III_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] Text
Nurma Yunita_19381042042_BAB IV_MPI.pdf

Download (415kB)
[img] Text
Nurma Yunita_19381042042_BAB V_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
Nurma Yunita_19381042042_Daftar Rujukan__MPI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Nurma Yunita_19381042042_Surat Pernyataan Keaslian Tulisan dan Persetujuan Publikasi_MPI.pdf

Download (103kB)

Abstract

Kata Kunci : Strategi, Kerjasama Strategi kepala madrasah dalam mewujudkan madrasah plus keterampilan melalui kerjasama dengan publik eksternal di MAN 2 Pamekasan merupakan suatu rangkaian cara yang digunakan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan oleh kepala madrasah agar dapat menghasilkan lulusan yang tidak hanya mampu di bidang akademik melainkan juga mampu di bidang keterampilan dan mampu bersaing ketika masuk di dunia usaha ataupun dunia kerja. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua fokus yang menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana strategi kepala madrasah dalam mewujudkan madrasah plus keterampilan melalui kerjasama dengan publik eksternal di MAN 2 Pamekasan. Kedua, bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mewujudkan madrasah plus keterampilan melalui kerjasama dengan publik eksternal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Informannya adalah Kepala Madrasah, Waka Humas, Koordinator Keterampilan, Guru Keterampilan dan siswa MAN 2 Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, tringaulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, Bagaimana Strategi Kepala Madrasah dalam mewujudkan madrasah plus keterampilan melalui krjasama dengan publik eksternal di MAN 2 Pamekasan. Strategi yang digunakan kepala madrasah yaitu melihat kebutuhan real masyarakat, melakukan sosialisasi dan kerjasama dengan publik eksternal. Kedua, faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung: Sudah ada programnya, antusias siswa cukup baik, sarana cukup mendukung, SDM Guru yag kompeten, adanya koordinasi (kerjasama) antara guru dan waka-waka, adanya SK Dirjen. Faktor penghambat: Adanya pertanyaan dari publik eksternal terkait program keterampilan di Madrasah,, prasarana atau ruang praktek kurang nyaman, waktu pelaksanaan pembelajaran kurang atau mepet

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:58
Last Modified: 11 Jul 2024 02:58
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6109

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item