Masrurah, Aisyah Ibnatun (2023) Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Arab Melalui Pembelajaran Kooperatif pada Siswa Kelas III di MI Haudatul Ulum Cenlecen Pakong Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
aisyah ibnatun masrurah_19381052037_cover_PGMI.pdf Download (117kB) |
|
Text
aisyah ibnatun masrurah_19381052037_Lembar persetujuan_PGMI.pdf Download (1MB) |
|
Text
aisyah ibnatun masrurah_19381052037_lembar pengesahan_PGMI.pdf Download (60kB) |
|
Text
aisyah ibnatun masrurah_19381052037_abstrak_PGMI.pdf Download (188kB) |
|
Text
aisyah ibnatun masrurah_19381052037_daftar isi_PGMI.pdf Download (368kB) |
|
Text
aisyah ibnatun masrurah_19381052037_BAB I_PGMI.pdf Download (236kB) |
|
Text
aisyah ibnatun masrurah_19381052037_BAB II_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (585kB) |
|
Text
aisyah ibnatun masrurah_19381052037_BAB III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
|
Text
aisyah ibnatun masrurah_19381052037_BAB IV_PGMI.pdf Download (705kB) |
|
Text
aisyah ibnatun masrurah_19381052037_BAB V_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
|
Text
aisyah ibnatun masrurah_19381052037_Daftar pustaka_PGMI.pdf Download (220kB) |
|
Text
aisyah ibnatun masrurah_19381052037_surat pernyataan keaslian tulisan_pgmi.pdf Download (73kB) |
Abstract
Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebelum diterapkannya pembelajaran kooperatif, hasil belajar siswa kelas III masih rendah, hal ini dapat diketahui pada aspek proses dan aspek hasil. Sebelum diterapkan pembelajaran kooperatif, siswa yang mencapai nilai kkm ada 6 orang, sedangkan dibawah kkm ada 13 orang. Untuk mengatasi hal tersebut yaitu penerapkan model pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini terdiri dari; 1). Bagaimana langkahlangkah penerapan pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. 2) apakah penerapan pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan mixed metode dan jenis penelitiannya adalah PTK. Desain dan prosedur penelitian tindakan kelas dilakukan dengan dua siklus yang terdiri dari; a). Tahap Perencanaan, b). Tahap Pelaksanaan, c). Tahap Observasi, dan d). Tahap Refleksi. Dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu lembar kerja siswa, lembar observasi dan tes. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan dokumentasi. Untuk mengetahui hasil pembelajaran yang telah dilakukan oleh guru, maka dilakukan analisis data. Dalam penelitian ini, data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama: langkah-langkah penerapan pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan hasil belajar bahasa arab sudah dilakukan dengan baik, yaitu a). persiapan yang terdiri dari membuat RPP, menyiapkan materi, dan menyiapkan tes. b). Pelaksanaan diantaranya menjelaskan materi, membentuk kelompok, memberikan tes, dan c). evaluasi diantaranya adalah penilaian dan melakukan perbaikan untuksiklus selanjutnya. kedua: hasil penerapan pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III di MI Haudatul Ulum Cenlecen Pakong Pamekasan. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa sebelum diterapkannya model pembelajaran kooperatif persentase nilai siswa yang mencapai KKM yaitu 31.58%. Pada siklus I, persentasenya yaitu 36.84%, sedangkan pada siklus II persentasenya yaitu 78.94%. adapun nilai rata- rata pada siklus I yaitu 64,74 dan pada siklus II yaitu 77.11.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 04:41 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 04:41 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6116 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |