Metode Pembelajaran Drill Dalam Mata Pelajaran Seni Budaya Pada Materi Menyanyi Di Kelas II SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan

Ubaidillah, Anang (2023) Metode Pembelajaran Drill Dalam Mata Pelajaran Seni Budaya Pada Materi Menyanyi Di Kelas II SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Anang Ubaidillah_ 19381051055_ Cover_PGMI.pdf

Download (59kB)
[img] Text
Anang Ubaidillah_ 19381051055_ Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf

Download (106kB)
[img] Text
Anang Ubaidillah_ 19381051055_ Lembar Pengesahan_PGMI.pdf

Download (156kB)
[img] Text
Anang Ubaidillah_ 19381051055_Abstrak_PGMI.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Anang Ubaidillah_ 19381051055_Daftar_Isi_PGMI.pdf

Download (39kB)
[img] Text
Anang Ubaidillah_ 19381051055_ BAB I_PGMI.pdf

Download (346kB)
[img] Text
Anang Ubaidillah_ 19381051055_ BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] Text
Anang Ubaidillah_ 19381051055_ BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] Text
Anang Ubaidillah_ 19381051055_ BAB IV_PGMI.pdf

Download (156kB)
[img] Text
Anang Ubaidillah_ 19381051055_ BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] Text
Anang Ubaidillah_ 19381051055_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
Anang Ubaidillah_ 19381051055_ Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi _PGMI.pdf

Download (148kB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Drill, Seni Budaya, Musik Guru harus menguasai berbagai pembelajaran. Pendekatan pembelajaran tentunya terdapat banyak metode-metode, namun dalam penggunaan metode harus sesuai dengan melihat kemampuan siswa. pendekatan dan penerapan metode sering digunakan dalam pembelajaran seni budaya. Proses kegiatan penerapan metode drill dalam pembelajaran seni budaya di sekolah SDI Matsaratul Huda yang terletak di Panempan pamekasan. Penggunaan metode drill digunakan oleh guru dalam mengajar khususnya pada pembelajaran seni budaya pada materi menyanyi siswa nampaknya sangat antusias ketika guru sering mengulang-ulang cara lagu untuk dicontohkan cara menirukan menyanyi. Adapun pemilihan judul ini dikarenakan metode drill merupakan metode yang cocok untuk diterapkan pada mata pelajaran Seni Budaya dan mampu mengasah skill anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Drill pada pelajaran seni budaya materi menyanyi di kelas II SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan dan untuk mengetahui manfaat penerapan metode pembelajaran Drill pada pelajaran seni budaya materi menyanyi di kelas II SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru Seni Budaya kelas II dan Siswa kelas II. Pengecekan keabsaan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan trangulasi. Hasil penelitian menyatakan; pertama, Terdapat beberapa tahapan yang dapat dilakukan dalam penerapan metode drill dalam mata pelajaran seni budaya pada materi menyanyi di kelas II SDI Matsaratul Huda diantaranya; 1) Mengkondisikan siswa, 2) Menyampaikan materi menyanyi, 3) Guru memberikan contoh cara bernyanyi kepada siswa kemudian siswa menirukan, 4) Guru mengajak siswa untuk melakukan kegitan praktek dengan bertepuk tangan dan menirukan pola irama yang dicontohkan oleh guru, 5) Memberikan waktu kepada siswa untuk belajar menyanyikan sebuah lagu dengan baik, 6) Siswa diberikan kesempatan mencoba berlatih bernyanyi di depan kelas, 7) Guru melakukan pengulanagan kembali terkait materi menyanyi sehingga siswa menjadi paham. Adapun lagu yang dapat digunakan adalah lagu anak-anak, lagu daerah, dan lagu nasional. Kedua, terdapat manfaat yang dihasilkan dari penerapan metode drill di kelas II SDI Matsaratul Huda diantaranya; 1) Membuat siswa senang dan berantusias dalam mengikuti pembelajaran. 2) Siswa lebih mudah memahami materi pembelajaran karena materi dan prakteknya itu dilakukan secara berulangulang. 3) Siswa lebih mudah dalam mengingat pelajaran. 4) Suasana kelas menjadi lebih aktif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:41
Last Modified: 10 Jul 2024 04:41
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6124

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item