Manajemen Pengembangan Moral Dan Etika Siswa Melalui Pembelajaran Kitab Ta’lim al-Muta’allim di MA Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan

Rizka, Faizatur (2023) Manajemen Pengembangan Moral Dan Etika Siswa Melalui Pembelajaran Kitab Ta’lim al-Muta’allim di MA Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
20381042010_SAMPUL.pdf

Download (152kB)
[img] Text
20381042010_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (59kB)
[img] Text
20381042010_HALAMAN PENGESAHAN (1).pdf

Download (99kB)
[img] Text
20381042010_ABSTRAK.pdf

Download (245kB)
[img] Text
20381042010_DAFTAR ISI.pdf

Download (511kB)
[img] Text
20381042010_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20381042010_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
20381042010_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
20381042010_BAB IV.pdf

Download (7MB)
[img] Text
20381042010_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] Text
20381042010_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (242kB)
[img] Text
20381042010_KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (100kB)

Abstract

Kata Kunci: Moral dan Etika, Manajemen Pembelajaran Kitab Ta’lim alMuta’allim Penelitian ini membahas tentang manajemen pengembangan moral dan etika siswa melalui pembelajaran kitab Ta’lim al-Muta’allim di MA Miftahul Qulub Polagan. Dalam hal ini, di MA Miftahul Qulub dilakukan upaya pengelolaan dalam mengembangkan perilaku positif bagi siswa melalui pembelajaran kitab Ta’lim al-Muta’allim dengan harapan sebagai penguat dalam mempertahankan nilai-nilai akhlak terhadap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen pengembangan moral dan etika siswa melalui pembelajaran kitab Ta’lim al-Muta’allim di MA Miftahul Qulub Polagan. Berdasarkan hal tersebut, ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana manajemen pengembangan moral dan etika siswa melalui pembelajaran kitab Ta’lim al-Muta’allim di MA Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan. Kedua, Bagaimana implikasi dari pembelajaran kitab Ta’lim alMuta’allim terhadap moral dan etika siswa di MA Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan. Ketiga, Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam manajemen pengembangan moral dan etika siswa melalui pembelajaran kitab Ta’lim alMuta’allim di MA Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Guru Pengajar Mata Pelajaran Kitab Ta’lim al-Muta’allim, dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, manajemen pengembangan moral dan etika siswa melalui pembelajaran kitab Ta’lim alMuta’allim di MA Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan menerapkan semua fungsi manajemen, yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Kedua, implikasi dari pembelajaran kitab Ta’lim al-Muta’allim terhadap moral dan etika siswa di MA Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan ada peningkatan baik dari segi moral siswa dan etika siswa. Ketiga, faktor yang mendukung dalam manajemen pengembangan moral dan etika siswa melalui pembelajaran kitab ta’lim di MA Miftahul Qulub ini diantaranya guru memberikan contoh teladan yang baik dan lembaga MA Miftahul Qulub ini basicnya pesantren. Adapun faktor yang menghambat diantaranya alokasi waktu pelajaran kitab Ta’lim yang singkat yaitu 1 jam mata pelajaran (40 menit) dan siswa yang kadang mengantuk pada saat pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:59
Last Modified: 11 Jul 2024 02:59
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6128

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item