Hannan, Faisal (2023) Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Materi Ekosistem Dengan Menggunakan Metode Inkuiri Di Kelas IV SDN Tanjung 4 Pademawu Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
cover skripsi.pdf Download (181kB) |
|
Text
halaman persetujuan-1.pdf Download (121kB) |
|
Text
halaman pengesahan.pdf Download (186kB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (7kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (386kB) |
|
Text
BAB1.pdf Download (425kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) |
|
Text
BAB 3-3.pdf Restricted to Repository staff only Download (925kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Download (643kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (395kB) |
|
Text
keaslian tulisan.pdf Download (179kB) |
Abstract
Kata Kunci: Keaktifan belajar, Metode Inkuiri, Pembelajaran IPA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan belajar siswa terhadap mata pelajaran IPA. Hal itu terjadi disebabkan karena rasa bosan, tidak percaya diri yang dimiliki siswa. Kondisi ini membuat mereka terhambat dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Sehingga perlu adanya penerapan metode yang sesuai dengan pelajaran IPA yaitu metode inkuiri. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode Ikuiri dan hasil penerapan metode Inkuiri pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV SDN Tanjung 4 Pademawu Pamekasan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Tanjung 4 Pademawu Pamekasan yang berjumlah 12 orang. Dalam penelitian ini siswa dikatakan berhasil jika memiliki nilai 70. Penelitian ini, antara peneliti dan guru kelas IV SDN Tanjung 4 Pademawu Pamekasan mengadakan kolaborasi untuk menentukan kriteria yang digunakan dalam keberhasilan dalam suatu pembelajaran. Dan metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, penelitian tindakan kelas disini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan dan pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan meliputi: mengembangkan RPP menyiapkan lembar instrumen kemampuan siswa, implementasi tindakan meliputi tindakan penelitian pada pembelajaran yang dilakukan secara fleksibel, observasi yang dilakukan saat proses pembelajaran, dan refleksi yag dilakukan untuk memikirkan dan mengkaji hasil tindakan pada kegiatan yang telah dilaksanakan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh siswa pada prasiklus, siklus I dan siklus II maka diketahui bahwa metode inkuiri dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV SDN Tanjung 4 Pademawu Pamekasan, yaitu, pertama, Pra tindakan menunjukkan bahwa kemampuan keaktifan belajari siswa masih berada di posisi rendah dengan nilai 137 dengan rata-rata 53,33dan presentase 25%. Kedua, Siklus I nilai siswa naik mencapai 160 dengan rata-rata 65,47 dan presentase 41,67%. Ketiga, Siklus II dengan jumlah nilai 186 dengan rata-rata mencapai 15,42 dan presentase 75%. Sehingga disimpulkan bahwa penerapan metode nkuiri dapat meningkatkan keaktifan belajar sisw
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 04:40 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 04:40 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6131 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |