Habibati, Fasihah (2023) Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Dengan Penggunaan Strategi Crossword Puzzle Pada Materi Haji Dan Umroh Siswa Kelas V MI Tanwirul Hija I Kabupaten Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
FASIHAH HABIBATI_18381052025_Cover_PGMI.pdf Download (54kB) |
|
Text
FASIHAH HABIBATI_18381052025_Persetujuan Pembimbing_PGMI.pdf Download (273kB) |
|
Text
FASIHAH HABIBATI_18381052025_Lembar Pengesahan_PGMI.pdf Download (402kB) |
|
Text
FASIHAH HABIBATI_18381052025_Abstrak_PGMI.pdf Download (31kB) |
|
Text
FASIHAH HABIBATI_18381052025_Daftar Isi_PGMI.pdf Download (46kB) |
|
Text
FASIHAH HABIBATI_18381052025_BAB I_PGMI.pdf Download (200kB) |
|
Text
FASIHAH HABIBATI_18381052025_BAB II_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
|
Text
FASIHAH HABIBATI_18381052025_BAB III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) |
|
Text
FASIHAH HABIBATI_18381052025_BAB IV_PGMI.pdf Download (457kB) |
|
Text
FASIHAH HABIBATI_18381052025_BAB V_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
|
Text
FASIHAH HABIBATI_18381052025_Daftar Pustaka_PGMI.pdf Download (171kB) |
|
Text
FASIHAH HABIBATI_18381052025_Surat Pernyataan Keaslian Tulisan_PGMI.pdf Download (507kB) |
Abstract
Kata kunci: Crossword Puzzle, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang aktif dan efisiennya pembelajaran terhadap strategi yang diterapkan oleh guru terhadap siswa di MI Tanwirul Hija I terutama dalam materi haji dan umroh kelas V sehingga siswa merasa bosan yang menyebabkan tidak aktifnya aktivitas pembelajaran dikelas, serta berbicara sendiri sehingga berdampak pada prestasi belajar siswa yang cenderung beberapa dari siswa akan menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dengan penggunaan strategi crossword puzzle serta bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara menerapkan strategi crossword puzzle pada materi haji dan umroh yang efisien terhadap siswa kelas V MI Tanwirul Hija I Kabupaten Sumenep. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus, yaitu siklus 1 dan siklus 2, dikarenakan pada siklus 2 sudah mencapai indikator keberhasilan dalam penelitian maka tindakan selanjutnya sudah dihentikan. Tindakan dari masing-masing siklus dilakukan dalam satu pertemuan, dalam setiap pertemuannya terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan prestasi belajar siswa dengan penggunaan strategi crossword puzzle pada materi haji dan umroh siswa kelas V MI Tanwirul Hija I Kabupaten Sumenep. Pada pra siklus presentase siswa yang tuntas mencapai 23,1% atau 3 dari 13 siswayang tuntas dengan perolehan nilai rata-rata 46,9. Pada siklus 1 pertemuan I presentase siswa yang tuntas yaitu 46,1% atau 6 dari 13 siswa yang tuntas dengan perolehan nilai ratarata yaitu 65,3 dan pada pertemuan II presentase siswa yang tuntas yaitu 61,5% atau 8 dari 13 siswa yang tuntas dengan perolehan nilai rata-rata 68,4. Sedangkan pada siklus 2 pertemuan I presentase siswa yang tuntas yaitu 69,2% atau 9 dari 13 siswa yang tuntas dengan perolehan nilai rat-rata yaitu 69,2 dan pertemuan II presentase siswa yang tuntas yaitu 84,6% atau 11 dari 13 siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 81,5. Jadi dapat disimpulkan dari hasil penelitian ini bahwa dengan penggunaan strategi crossword puzzle pada materi haji dan umroh terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 04:40 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 04:40 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6132 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |