Mawasil, Hairul (2023) Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) untuk Melatih Soft Skill Siswa di MI Miftahul Ulum Bajur Waru Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Hairul Mawasil_19381051050_SAMPUL_PGMI.pdf Download (267kB) |
|
Text
Hairul Mawasil_19381051050_HALAMAN PERSETUJUAN_PGMI.pdf Download (87kB) |
|
Text
Hairul Mawasil_19381051050_HALAMAN PENGESAHAN_PGMI.pdf Download (105kB) |
|
Text
Hairul Mawasil_19381051050_ABSTRAK_PGMI.pdf Download (186kB) |
|
Text
Hairul Mawasil_19381051050_DAFTAR ISI_PGMI.pdf Download (335kB) |
|
Text
Hairul Mawasil_19381051050_BABI_PGMI.pdf Download (420kB) |
|
Text
Hairul Mawasil_19381051050_BABII_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) |
|
Text
Hairul Mawasil_19381051050_BABIII PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) |
|
Text
Hairul Mawasil_19381051050_BABIV PGMI.pdf Download (404kB) |
|
Text
Hairul Mawasil_19381051050_BABV_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
|
Text
Hairul Mawasil_19381051050_DAFTAR RUJUKAN_PGMI.pdf Download (300kB) |
|
Text
Hairul Mawasil_19381051050_KEASLIAN TULISAN_PGMI.pdf Download (108kB) |
Abstract
Kata Kunci: Projek, Pancasila, Soft Skill Terlahirnya peserta didik yang memiliki profil pelajar Pancasila adalah tanggung jawab setiap pendidik dalam setiap aktivitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan projek penguatan profil pelajar Pancasila untuk melatih Soft Skill siswa, untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, asesmen, dan manfaat penerapan projek penguatan profil pelajar Pancasila untuk melatih Soft Skill siswa di MI Miftahul Ulum Bajur Waru Pamekasan. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Cara untuk memperoleh data penenelitian yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu kepala madrasah, guru kelas 6 dan siswa kelas 6. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan observasi yang diperdalam. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: Kepala madrasah membentuk tim fasilitator projek profil dengan menentukan seorang koordinator projek profil, Guru kelas merencanakan P5 dalam beberapa tahapan. Pelaksanaan P5 yaitu diawali dengan guru mengajak peserta didik melihat situasi nyata yang terjadi di dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya memberi pertanyaan tentang alur pengolahan sampah. Kemudian dari modul tersebut peserta didik secara berkelompok menyimak alur kegiatan projek. Setelah itu mereka melakukan kegiatan projek sebagaimana yang telah ditentukan. Setelah kegiatan projek selesai, guru bersama peserta didik melakukan refleksi. Asesmen/evaluasi P5 yaitu menggunakan portofolio dan alatnya menggunakan rubrik. Dalam perancangan rubrik utama projek, rumusan kompetensi yang sesuai dengan fase peserta didik dimasukkan ke dalam kategori mulai dan sedang berkembang, sementara rumusan fase setelahnya dimasukkan ke dalam kategori sangat berkembang. Ada dua asesmen dalam P5 yaitu asesmen formatif dan asesmen sumatif. Manfaat P5 terhadap Soft skill Siswa di MI Miftahul Ulum bajur waru pamekasan, yaitu: 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bergotong-royong, 4) berkebinekaan global, 5) bernalar kritis, dan 6) kreatif. Kelima: Faktor pendukung dalam plaksanaan P5 yaitu Guru adalah orang berpengaruh dan aktif dalam pelaksanaan P5, dan dukungan dari orang tua antusias dalam mendukung program madrasah. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu Suatu prasarana kurang memadai, tidak ikut berperan dalam penerapan P5, siswa tidak membawa bahan-bahan proyek, gaduh dan bermain sendiri, dan kurangnya BIMTEK kepada guru kelas dalam penerapan P5 dari pihak madrasah
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 04:40 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 04:40 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6138 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |