Masrurin, Isna (2023) Analisis Pelayanan Perpustakaan Sekolah Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa di SMP Negeri 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
20381042020_SAMPUL.pdf Download (278kB) |
|
Text
20381042020_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (355kB) |
|
Text
20381042020_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (422kB) |
|
Text
Isna Masrurin_20381042020_ABSTRAK_PGMI.pdf Download (31kB) |
|
Text
20381042020_DAFTAR ISI.pdf Download (226kB) |
|
Text
20381042020_BABI.pdf Download (461kB) |
|
Text
20381042020_BABII.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) |
|
Text
20381042020_BABIII.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) |
|
Text
20381042020_BABIV.pdf Download (1MB) |
|
Text
20381042020_BABV.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
|
Text
20381042020_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (338kB) |
|
Text
20381042020_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (253kB) |
Abstract
Kata Kunci: Pelayanan perpustakaan sekolah, Minat baca Pelayanan perpustakaan sekolah merupakan bentuk layanan untuk memperluas pengetahuan dan informasi bagi siswa yang diberikan oleh pustakawan. Layanan perpustakaan ini membantu siswa untuk mencari buku atau membutuhkan bantuan terhadap pustakawan. Sedangkan minat baca yaitu keinginan seseorang untuk membaca yang dilakukan terus menerus atas keinginan sendiri tanpa paksaan dari orang lain dengan rasa senang sehingga seseorang dapat memahami dan mengerti atas apa yang dibaca. Berdasarkan hal tersebut, maka fokus penelitian dalam penelitian ini ada dua yaitu: pertama, analisis pelayanan perpustakaan sekolah dalam menumbukan minat baca siswa di SMP Negeri 1 Pamekasan. Kedua, hasil minat baca siswa dengan diterapkannya pelayanan perpustakaan sekolah di SMP Negeri 1 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini adalah kepala sekolah, kepala perpustakaan, tata usaha perpustakaan, pustakawan dan siswa SMP Negeri 1 Pamekasan. Dalam keabsahan data peneliti menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis pelayanan perpustakaan sekolah dalam menumbuhkan minat baca di SMP Negeri 1 Pamekasan ada 2 pelayanan yang diterapkan: pertama, pelayanan sirkulasi merupakan proses peminjaman buku, dimana dalam peminjaman buku siswa diberitahukan oleh petugas perpustakaan tanggal berapa buku tersebut dikembalikan. Kemudian dalam pengembalian buku diberi waktu lima hari dari tanggal peminjaman, apabila telat mengembalikan buku maka diberi sanksi berupa membersihkan perpustakaan dan menata ulang buku yang ada diperpustakaan. Kemudian untuk layanan keanggotaan dimana layanan ini merupakan proses pembuatan KTA yang mana data siswa baru dikumpulkan dan siswa tersebut dipangil satu persatu secara bergantian dalam 1 kelas untuk dilakukan sesi foto. Kedua, hasil minat baca dalam diterapkannya pelayanan perpustakaan sekolah SMP Negeri 1 Pamekasan yaitu minat baca tidak bisa diukur, yang dapat diukur hanya daftar pengunjung perpustakaan, peminjam buku perpustakaan serta program literasi. Bagi kepala perpustakaan SMP Negeri 1 Pamekasan diharapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan pelayanan perpustakaan agar menarik minat siswa untuk sering berkunjung ke perpustakaan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 02:02 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 02:02 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6149 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |