Penerapan Metode Tebak Kata dalam Meningkatkan Hasil Belajar Membaca pada Siswa Kelas 2 SDI Matsaratul Huda Panempan

Sholehah, Mamluatus (2023) Penerapan Metode Tebak Kata dalam Meningkatkan Hasil Belajar Membaca pada Siswa Kelas 2 SDI Matsaratul Huda Panempan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Mamluatus Sholehah_19381052070_Cover_PGMI.pdf

Download (65kB)
[img] Text
Mamluatus Sholehah_19381052070_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf

Download (188kB)
[img] Text
Mamluatus Sholehah_19381052070_Halaman_Pengesahan_PGMI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Mamluatus Sholehah_193801052070_Abstrak_PGMI.pdf

Download (8kB)
[img] Text
Mamluatus Sholehah_19381052070_ Daftar_Isi_PGMI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Mamluatus Sholehah_19381052070_BAB I_PGMI.pdf

Download (460kB)
[img] Text
Mamluatus Sholehah_19381052070_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] Text
Mamluatus Sholehah_19381052070_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] Text
Mamluatus Sholehah_19381052070_BAB IV_PGMI.pdf

Download (584kB)
[img] Text
Mamluatus Sholehah_19381052070_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
Mamluatus Sholehah_19381052070_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf

Download (400kB)
[img] Text
Mamluatus Sholehah_19381052070_Pernyataan Keaslian Tulisan_PGMI.pdf

Download (96kB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Tebak Kata, Hasil Belajar Membaca Hasil belajar membaca siswa masih rendah disebabkan kurangnya semangat siswa untuk membaca. Pada penelitian ini mencoba menerapkan metode tebak kata, metode ini termasuk metode permainan agar siswa lebih semangat dalam belajar membaca diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar membaca siswa. Tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui penerapan metode tebak kata dapat meningkatkan hasil belajar membaca pada siswa kelas 2 SDI Matsaratul Huda Panempan. 2) untuk mengetahui hasil dari penerapan metode tebak kata dapat meningkatkan hasil belajar membaca pada siswa kelas 2 SDI Matsaratul Huda Panempan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 SDI Matsaratul Huda Panempan yang berjumlah 19 siswa. Model penelitian ini menggunakan PTK model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 1 pertemuan dan pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi, dan refleksi. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa adanya peningkatan dalam hasil belajar membaca menggunakan metode tebak kata. Upaya meningkatkan hasil belajar membaca dengan menggunakan metode tebak kata adalah dengan melakukan beberapa langkah yakni: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Refleksi merupakan kegiatan terakhir dalam setiap siklus, karena dalam siklus I hasil belajar membaca siswa masih rendah, maka pada tahap refleksi siklus I memberikan dasar perbaikan rencana pada siklus berikutnya yaitu siklus II, karena capaian tertentu belum tercapai maka diulang pada siklus berikutnya. Pada saat sebelum diberi tindakan atau prasiklus nilai rata-rata dari seluruh siswa masih rendah yaitu 49,73, dan prosentase ketuntasan siswa masih 0%. Pada siklus I setelah diberi tindakan yaitu dengan menggunakan metode tebak kata nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 61 dan prosentase ketuntasan siswa menjadi 26%. Dan pada pelaksanaan siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 77,21 dan disertai dengan peningkatan prosentase ketuntasan siswa yang mencapai 89,47%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 10 Jul 2024 02:02
Last Modified: 10 Jul 2024 02:02
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6160

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item