Jannah, Mamzudjatul (2023) Penerapan Strategi Reading Guide Dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Teks Wacana Siswa Kelas III di SDN Murtajih II. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
19381052032_SAMPUL.pdf Download (38kB) |
|
Text
19381052032_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (193kB) |
|
Text
19381052032_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (245kB) |
|
Text
19381052032_ABSTRAK.pdf Download (32kB) |
|
Text
19381052032_DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) |
|
Text
19381052032_BAB I.pdf Download (210kB) |
|
Text
19381052032_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) |
|
Text
19381052032_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) |
|
Text
19381052032_BAB IV.pdf Download (399kB) |
|
Text
19381052032_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
|
Text
19381052032_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (173kB) |
|
Text
19381052032_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (247kB) |
Abstract
Kata Kunci : Reading guide, kemampuan memahami, teks wacana Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya kemampuan memahami siswa kelas III di SDN Murtajih II dilihat dari hasil tes pra-siklus yang dilakukan menggunakan teks wacana yang dibaca secara mandiri. Membuat suasana kelas cenderung membosankan, semangat siswa dalam membacapun berkurang. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan memahami teks wacana siswa dengan menerapkan strategi Reading guide pada mata pelajaran bahasa Indonesia, 2) Mendeskripsikan langkah-langkah penerapan strategi Reading guide, 3) Mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan penerapan strategi reading guide dalam meningkatkan kemampuan memahami teks wacana siswa kelas III pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas menggunakan strategi Reading guide dengan empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III di SDN Murtajih II yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan memahami teks wacana siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia dilihat dari hasil belajar siswa menggunakan strategi Reading guide. Perolehan presentase keberhasilan pada pra-siklus adalah 25% , pada siklus I memperoleh 50%, dan pada siklus II meningkat menjadi 85%. Dari data tersebut maka disimpulkan bahwa penerapan strategi Reading guide dapat meningkatkan kemampuan memahami teks wacana. Adapun langkah-langkah penerapan strategi Reading guide adalah: a) Guru membagikan teks wacana, lalu siswa diminta untuk membaca serta memahaminya dengan batasan waktu. b) Guru membagikan lembar berisi pertanyaan. c) guru mempersilahkan siswa bertanya. d) Guru memberikan pertanyaan kepada peserta didik secara acak. e) Guru membahas pertanyaan jawabannya bersama. Adapun kelebihannya adalah : Suasana kelas menjadi lebih menyenangkan, membantu siswa memahami isi bacaan dengan cepat, siswa lebih antusiast saat menjawab pertanyaan. sedangkan kekurangannya yakni: a) Suasana kelas cenderung ramai saat siswa membaca teks wacana. b) Siswa juga merasa bosan jika teks terlalu panjang, maka butuh bantuan media atau metode lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 02:01 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 02:01 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6161 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |