Mayanti, Mayanti (2023) Strategi Guru PPKn dalam Mengatasi Degradasi Sopan Santun Melalui Model Pembelajaran Habit Forming Pada Siswa Kelas 4 di SDN Larangan Tokol 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Mayanti_20381052020_cover_PGMI.pdf.pdf Download (70kB) |
|
Text
Mayanti_20381052020_lembar persetujuan pembimbing_PGMI. pdf.pdf Download (150kB) |
|
Text
Mayanti_20381052020_LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI _PGMI.pdf.pdf Download (288kB) |
|
Text
Mayanti_20381052020_ABSTRAK_PGMI.pdf Download (7kB) |
|
Text
Mayanti_20381052020_DAFTAR ISI_PGMI.pdf.pdf Download (95kB) |
|
Text
Mayanti_20381052020_BAB I_PGMI.pdf.pdf Download (249kB) |
|
Text
Mayanti_20381052020_BAB II_PGMI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) |
|
Text
Mayanti_20381052020_BAB III_PGMI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
|
Text
Mayanti_20381052020_BAB IV_PGMI.pdf.pdf Download (334kB) |
|
Text
Mayanti_20381052020_BAB V_PGMI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
|
Text
Mayanti_20381052020_daftar pustaka_PGMI.pdf.pdf Download (224kB) |
|
Text
Mayanti_20381052020_surat pernyataan keaslian tulisan_PGMI. pdf.pdf Download (209kB) |
Abstract
kunci: Strategi Guru, Degradasi Sopan Santun, Pembelajaran Habit Forming Melihat perkembangan zaman sekarang ini telah banyak penurunan yang tentunya diakibatkan oleh faktor yang ada, tentunya faktor media sosial yang saat ini semakin berkembang. Hal ini berujung pada menurunnya sikap dan perilaku siswa terhadap guru maupun orang tua, oleh karena itu perlu adanya strategi guru dalam mengatasi degradasi sopan santun yang terjadi di sekolah SDN Larangan Tokol 1 yang tentunya guru menggunakan strategi melalui penerapan model pembelajaran habit forming (pembiasaan) tersebut. Adapun penelitian ini memiliki tiga fokus penelitian yang menjadi bahasan pokok sebagai berikut: pertama, Bagaimana Strategi Guru PPKn dalam Mengatasi Degradasi Sopan Santun Melalui Model Pembelajaran Habit Forming Pada Siswa Kelas 4 Di SDN Larangan Tokol 1 Pamekasan, Kedua, Apa saja faktor penyebab terjadinya degradasi sopan santun pada siswa kelas 4 di SDN larangan tokol 1 pamekasan, Ketiga, Apa saja kelebihan dan kelemahan model pembelajaran habit forming dalam mengatasi degradasi sopan santun pada siswa kelas 4 di SDN larangan tokol 1 pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah SDN Larangan Tokol 1, guru kelas 4/ wali kelas, dan siswa kelas 4. Pengecekan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama: strategi guru PPKn kelas 4 di SDN Larangan Tokol 1 menggunakan model pembelajaran habit forming yang mana dalam pelaksanaannya guru akan memberikan pembiasaan atau pembinaan agar siswa mampu menumbuhkan sikap sopan santun terhadap guru maupun orang tua, dan teman. Kedua: Dengan adanya model pembelajaran habit forming tentunya dikarenakan adanya faktor penyebab terjadinya degradasi sopan santun yang terjadi di SDN Larangan Tokol 1 seperti halnya, faktor media sosial,faktor malas belajar, faktor kurang perhatian dari orang tua dan lain sebagainya, sehingga perlu adanya strategi dari guru dalam mengatasi degradasi sopan santun tersebut. Ketiga: penerapan model pembelajaran habit forming mempunyai kelebihan dan kelemahan. Adapun kelebihannya yaitu melatih siswa untuk semakin baik dalam bersikap, melatih siswa belajar disiplin terhadap guru dan sesama, serta mengajarkan siswa lebih leluasa dalam menerima motivasi oleh guru. sedangkan kelemahan model pembelajaran habit forming yaitu membutuhkan waktu yang cukup panjang dan jika tidak ada pengawasan dari guru terkadang hanya beberapa siswa yang telah menerapkan pembiasaan yang dilakukan oleh guru.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 02:01 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 02:01 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6163 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |