Arifin, Mifahol (2023) Penggunaan Teknik Jarimatika pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas II MI As-Saeyah Giliraja Kabupaten Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Miftahol Arifin_20170701051039_Cover_PGMI.pdf Download (165kB) |
|
Text
Miftahol Arifin_20170701051039_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf Download (259kB) |
|
Text
Miftahol Arifin_20170701051039_Lembar Pengesahan_PGMI.pdf Download (245kB) |
|
Text
Miftahol Arifin_20170701051039_Abstrak_PGMI.pdf Download (149kB) |
|
Text
Miftahol Arifin_20170701051039_Daftar_Isi_PGMI.pdf Download (253kB) |
|
Text
Miftahol Arifin_20170701051039_BAB I_PGMI.pdf Download (413kB) |
|
Text
Miftahol Arifin_20170701051039_BAB II_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (576kB) |
|
Text
Miftahol Arifin_20170701051039_BAB III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
|
Text
Miftahol Arifin_20170701051039_BAB IV_PGMI.pdf Download (572kB) |
|
Text
Miftahol Arifin_20170701051039_BAB V_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
|
Text
Miftahol Arifin_20170701051039_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf Download (264kB) |
|
Text
Miftahol Arifin_20170701051039_Surat_Pernyataan_Keaslian_Dan_Persetujuan Publikasi_PGMI.pdf Download (216kB) |
Abstract
Kata Kunci: Teknik Jarimatika, Perkalian. Jarimatika adalah suatu cara berhitung (operasi KaBaTaKu atau Kali, Bagi, Tambah, Kurang) dengan menggunakan jari dan ruas-ruas jari tangan. Keterlibatan siswa untuk memperagakan jarimatika dapat membuat pelajaran menjadi bermakna. Siswa dapat menggunakan jari-jari tangan untuk berhitung berdasarkan aturan formasi tangan dan penyelesaian jarimatika. Peneliti bertujuan untuk mengungkap penggunaan teknik jarimatika dalam meningkatkan kemampuan berhitung perkalian mata pelajaran matematika siswa MI As-Saeyah Giliraja, dengan sub fokus : Bagaimana penerapan teknik jarimatika pada mata pelajaran matematika siswa kelas II MI As-Saeyah Giliraja Kabupaten Sumenep.? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, pengumpulan data yang mendalam dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara penambahan keikutsertaan peneliti, teknik triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber, teori, dan metode, dan pengamatan. sementara informan yaitu kepala sekolah, guru mata pelajaran matematika dan siswa II. Hasil penelitian menunjukan bahwa, penerapan teknik jarimatika dilaksanakan oleh guru 3x pertemuan dalam satu minggu. Penerapan ini dilakukan untuk lebih memfokuskan pada penggunaan teknik jarimatika. Penerapannya yaitu siswa kelas II diajak bermain sambil berhitung (Tamasya belajar) menggunakan jari-jari tangan. Tujuan dalam penerapan teknik jarimatika tersebut tidak lain agar siswa-siswi dapat hitung-berhitung cepat dan juga mensyukuri nikmat allah SWT., yaitu jari-jari tangan, penerapan dilakukan tanpa mengesampingkan mata pelajaran lain
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 02:01 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 02:01 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6164 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |