M, Muhlis (2023) Peranan Pelajaran Fiqih untuk Menigkatkan Aktivitas Ibadah Siswa di SDI Ihya’ Ulumuddin. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Muhlis M_ 19381051115_ Caver 1.pdf Download (321kB) |
|
Text
Muhlis M_19381051117_Halaman Persetujuan.pdf Download (115kB) |
|
Text
Muhlis M_19381051117_Halaman Pengesahan.pdf Download (168kB) |
|
Text
Muhlis M_19381051117_ABSTRAK_PGMI.pdf Download (329kB) |
|
Text
Muhlis M_19381051117_Daftar Isi_PGMI.pdf Download (157kB) |
|
Text
Muhlis M_19381051117_ BAB I.pdf Download (333kB) |
|
Text
Muhlis M_ 19381051117_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (435kB) |
|
Text
Muhlis M_ 19381051117_ BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (452kB) |
|
Text
Muhlis M_ 19381051117_ BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
Muhlis M_ 19381051117_ BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (416kB) |
|
Text
Muhlis M_19381051117_Daftar Pustaka_PGMI.pdf Download (372kB) |
|
Text
Muhlis M_19381051117_Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf Download (185kB) |
Abstract
Kata Kunci : Pelajaran Fiqih dan Aktivitas Ibadah Ugensinya Ibadah fiqih adalah untuk memeperkuat jiwa rohani siswa skolah dasar agar dapat mengembangkan ketaatannya terhadap sang pencipta, dengan mengembangkan aktifitas ibadah siswa di sekolah dasar dapat tercipta individu yang bisa memahami dan melaksanakan kegiatan ibadah di dalam hidupnya untuk itu peran dari pelajaran fiqih sangat dibutuhkan dalam pengembangan aktifitas ibadah siswa karena pelajaran fiqih merupakan panduan dalam megembangkan ajaran islam dalam kegiatan ibadah. Dalam penelitian ini terdapt tiga fokus yaitu pertama, bagaimana gambaran aktifitas ibadah siswa; dan kedua, bagaimana peranan pelajaran fiqih untuk meningkatkan aktifitas ibadah siswa, Ketiga, apa saja faktor pendung dan penghambat peranan pelajaran fiqih untuk meningkatkan aktifitas ibadah siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan sejak sebelum memasuki lapangan, selama di lapangan, dan setelah selesai di lapangan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Dan metode yang diambil peneliti adalah triangulasi Hasil dari penelitian adalah pertama, gambaran aktivitas ibadah siswa di SDI Ihya’ Ulumuddin adalah a) seluruh siswa kelas I,II,III,IV,V,VI melaksanakan Shalat dhuha berjemaah pada jam 06:30-selesai, b) siswa membaca shalawat Nariyah bersama, c). siswa membaca surah-surah dan ayat al quran sebelum pelajaran dimulai, d) siswa melakukan kegiatan wudhu bersama, e) siswa melaksanakan shalat dhuhur berjemaah bersama. Kedua, pelaksanaan pemebalajaran fiqih dalam meningkatkan aktifitas ibadah siswa di SDI Ihya’ Ulumuddin adalah a). guru memberikan materi terhadap siswa sesuai dengan RPP, b) guru menyampaikan materi fiqih yang berkaitan dengan aktifitas ibadah siswa di sekolah dengan metode ceramah dan Tanya jawab serta melakukan praktik, c) guru agama melakukan praktik ibadah dengan siswa setalah materi disampaikan seperti praktik wudhu, praktik shalat dan praktik membaca al quran. Ketiga, faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran fiqih dalam menigkatkan aktifitas ibadah siswa meliputi, faktor pendukung meliputi: a). Adanya fasilitas yang disediakan oleh sekolah seperti laptop dan Lcd proyektor yang memudahkan guru dalam menyampaikan materi fiqih. Sedangkan faktor penghambat meliputi: a). sebagian siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran fiqih yang diberikan oleh guru agama.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 02:01 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 02:01 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6168 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |