Upaya Meningkatkan Belajar Berhitung Siswa Kelas 3 dalam Mata Pelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving Heuristic di SDN Polagan 3 Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan

Ningsih, Noviana (2023) Upaya Meningkatkan Belajar Berhitung Siswa Kelas 3 dalam Mata Pelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving Heuristic di SDN Polagan 3 Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Noviana Ningsih_19381052011_COVER_PGMI.pdf

Download (48kB)
[img] Text
Noviana Ningsih_19381052011_LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING_PGMI.pdf

Download (234kB)
[img] Text
Noviana Ningsih_19381052011_LEMBAR PENGESAHAN_PGMI.pdf

Download (367kB)
[img] Text
Noviana Ningsih_19381052011_ABSTRAK_PGMI.pdf

Download (17kB)
[img] Text
Noviana Ningsih_19381052011_DAFTAR ISI_PGMi.pdf

Download (39kB)
[img] Text
Noviana Ningsih _19381052011_BAB I_PGMI.pdf

Download (214kB)
[img] Text
Noviana Ningsih_19381052011_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
Noviana Ningsih_19381052011_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] Text
Noviana Ningsih_19381052011_BAB IV_PGMI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Noviana Ningsih_19381052011_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
Noviana Ningsih_19381052011_DAFTAR PUSTAK_PGMI.pdf

Download (76kB)
[img] Text
Noviana Ningsih_19381052011_KEASLIAN TULISAN_PGMI.pdf

Download (440kB)

Abstract

Kata Kunci: Model Pembelajaran LAPS Heuristic, Matematika, Berhitung. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar matematika siswa kelas 3 dan siswa juga merasa takut untuk belajar matematika dikarenakan siswa beranggapan bahwasanya matematika itu merupakan mata pelajaran yang sulit, dan membosankan. Sehingga hal ini berpengaruh kepada kemampuan berhitung siswa kelas 3. Pada penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan dan hasil penerapan model pembelajaran LAPS Heuristic dalam meningkatkan belajar berhitung siswa kelas 3 pada mata pelajaran matematika di SDN Polagan 3 Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 3 di SDN Polagan 3 Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasaan. Sumber data diperoleh melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan menentukan mean atau rerata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, penerapan model pembelajara LAPS Heuristic pada mata pelajaran matematika kelas 3 di SDN Polagan 3 yaitu terdapat eimpat langkah: (1) meimahami masalah; (2) Merencanakan penyelesaian masalah; 3) Melaksanakan rencana penyelesaian masalah; 4) Memeriksa keimbali hasil yang dipeiroleih. Kedua, terjadi peningkatan kemampuan berhitung siswa kelas 3 pada mata pelajaran matematika di SDN Polagan 3 yaitu pada siklus 1 dan siklus 2. Hal ini dikarenakan pada siklus 1 dan siklus 2 telah menerapkan model pembelajaran LAPS Heuristic. Pada tahap pra siklus diperoleh jumlah nilai klasikal yaitu 1.290 dan nilai rata-rata 61,43 dengan persentase ketuntasan yaitu 47,62% dan persentase ketidaktutasan lebih tingi yaitu 52,38%. Pada tahap siklus 1, hasil tes kemampuan berhitung siswa kelas 3 pada mata pelajaran matematika setelah menerapkan model pembelajaran LAPS Heuristic diperoleh jumlah nilai klasikal yaitu 1.480 dan nilai rata-ratanya yaitu 70,48. Siswa yang tuntas dalam tes kemampuan berhitung adalah 14 siswa dengan persentase ketuntasan 66,67%. Sedangkan 7 siswa lainnya tidak tuntas dengan persentase ketidaktuntasan 33,33%. Pada siklus 2, hasil tes kemampuan berhitung siswa kelas 3 pada mata pelajaran matematika setelah menerapkan model pembelajaran LAPS Heuristic diperoleh jumlah nilai klasikal yaitu 1.820 dan nilai rata-ratanya yaitu 86,67. Siswa yang tuntas dalam tes kemampuan berhitung yaitu sebanyak 18 siswa dengan persentase ketuntasan yaitu 85,71%. Sedangkan siswa yang tidak tuntas dalam tes kemampuan berhitung adalah sebanyak 3 siswa dengan persentase 14,29%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving Heuristic dapat meningkatkan belajar berhitung siswa kelas 3 pada mata pelajaran matematika di SDN Polagan 3 Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:11
Last Modified: 09 Jul 2024 02:11
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6175

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item