Penerapan Metode Tradisional Pada Program Tahfidzul Qur’an Kelas IV Di SDN Larangan Tokol I Pamekasan

Holifah, Nur (2023) Penerapan Metode Tradisional Pada Program Tahfidzul Qur’an Kelas IV Di SDN Larangan Tokol I Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Nur Holifah_20381052070_Cover_PGMI.pdf

Download (386kB)
[img] Text
Nur Holifah_20381052070_Lembar Persetujuan Pembimbing_PGMI.pdf

Download (293kB)
[img] Text
Nur Holifah_20381052070_Lembar Pengesahan_PGMI.pdf

Download (340kB)
[img] Text
Nur Holifah_20381052070_Abstrak_PGMI.pdf

Download (288kB)
[img] Text
Nur Holifah_20381052070_Daftar Isi_PGMI.pdf

Download (304kB)
[img] Text
Nur Holifah_20381052070_BAB I_PGMI.pdf

Download (440kB)
[img] Text
Nur Holifah_20381052070_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[img] Text
Nur Holifah_20381052070_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] Text
Nur Holifah_20381052070_BAB IV_PGMI.pdf

Download (672kB)
[img] Text
Nur Holifah_20381052070_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
Nur Holifah_20381052070_Daftar Pustaka _PGMI.pdf

Download (418kB)
[img] Text
Nur Holifah_20381052070_Surat Pernyataan Keaslian Tulisan_PGMI.pdf

Download (226kB)

Abstract

Kata Kunci: implementasi, Metode Tradisional, Program Tahfidz Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap Program tahfidzul Qur’an yang menjadi isu terhangat dikalangan masyarakat karena program tahfidzul Qur’an biasanya diterapkan dilingkungan pesantren bukan di sekolah dasar apalagi negeri, program tahfidzul Qur’an adalah keunikan sekolah SDN Larangan Tokol I, dan di sekolah SDN Larangan Tokol I Pamekasan menggunakan metode tradisional berupa talaqqi dan murojaah. Fokus dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan metode tradisional pada program tahfidzul Qur’an kelas IV di SDN Larangan Tokol I Pamekasan, apa faktor pendukung dan penghambat dari penerapan metode tradisional pada program tahfidzul Qur’an kelas IV di SDN Larangan Tokol I Pamekasan, dan bagaimana cara menangani penghambat yang ada dalam penerapan metode tradisional pada program tahfidzul qur’an. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan prosedur penelitian berupa hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam pengumpulan data berupa informasi diperoleh melalui kepala sekolah, guru kelas, koordinator program tahfidzul Qur’an, guru harian program tahfidzul Qur’an kelas IV dan 3 peserta didik kelas IV SDN Larangan Tokol I Pamekasan. Peneliti melakukan pengecekan keabsahan data melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi (metode dan sumber). Adapun hasil penelitian yang dilakukan peneliti secara langsung ke SDN Larangan Tokol I Pamekasan menunjukkan hasil sebagai berikut; pertama, penerapan metode tradisional pada program tahfidz kelas IV yaitu pada metode tradisional berupa talaqqi dilakukan pada jam ke 5 sampai 6, sedangkan murojaah dilaksanakan secara bersama setelah salat dhuha memakai microfon yang dipimpin sesuai dengan jadwal pembagian kelas. Kedua, faktor pendukung dari penerapan ini adalah kenatusiasan peserta didik, peran kepala sekolah dari segi memberi kebebasan kepada guru serta menyediakan fasilitas, dan terpenuhinya tenaga pendidikan, sedangkan penghambat dari implementasi metode tradisional adalah peserta didik kurang motivasi, perbedaan karakter, kultur keluarga, dan peserta didik tidak bisa mengaji. Ketiga, cara mengtasi hambatannya dengan cara guru memberikan motivasi pada setiap pertemuan, menghubungi keluarga, dan memberikan bimbingan khusus untuk siswa yang tidak bisa mengaji.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:11
Last Modified: 09 Jul 2024 02:11
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6178

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item