Penerapan model pembelajaran STAD untuk mengatasi kesulitan siswa menentukan letak geografis kelas IX di SMPN 5 Pamekasan

Syamsi, Moch. Nurul (2020) Penerapan model pembelajaran STAD untuk mengatasi kesulitan siswa menentukan letak geografis kelas IX di SMPN 5 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
1 SAMPUL - MOCH NURUL SYAMSI 20160701080061.pdf

Download (97kB)
[img] Text
2 HALAMAN PERSETUJUAN - MOCH NURUL SYAMSI 20160701080061.pdf

Download (144kB)
[img] Text
3 HALAMAN PENGESAHAN - MOCH NURUL SYAMSI 20160701080061.pdf

Download (181kB)
[img] Text
4 ABSTRAK MOCH NURUL SYAMSI 20160701080061.pdf

Download (72kB)
[img] Text
5 KATA PENGANTAR - MOCH NURUL SYAMSI 20160701080061.pdf

Download (253kB)
[img] Text
6 DAFTAR ISI - MOCH NURUL SYAMSI 20160701080061.pdf

Download (87kB)
[img] Text
7 BAB 1 - MOCH NURUL SYAMSI 20160701080061.pdf

Download (174kB)
[img] Text
8 BAB 2 - MOCH NURUL SYAMSI 20160701080061.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] Text
9 BAB 3 - MOCH NURUL SYAMSI 20160701080061.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] Text
10 BAB 4 - MOCH NURUL SYAMSI 20160701080061.pdf

Download (310kB)
[img] Text
11 BAB 5 - MOCH NURUL SYAMSI 20160701080061.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text
12 DAFTAR RUJUKAN - MOCH NURUL SYAMSI 20160701080061.pdf

Download (33kB)
[img] Text
13 PERNYATAAN KEASLIAN - MOCH NURUL SYAMSI 20160701080061.pdf

Download (111kB)
[img] Text
14 LAMPIRAN - MOCH NURUL SYAMSI 20160701080061.pdf

Download (472kB)
[img] Text
15 RIWAYAT HIDUP - MOCH NURUL SYAMSI 20160701080061.pdf

Download (92kB)

Abstract

Dalam kegiatan pembelajaran seorang guru harus mampu memberikan pembelajaran yang menarik, untuk itu diperlukan strategi yang mengaktifkan siswa dalam pembelajaran, sehingga guru perlu menerapkan model pembelajaran yang bisa digunakan guru untuk merancang pembelajaran yang menarik dan mengaktifkan siswa, salah satunya yaitu model pembelajaran STAD. Dengan penjelasan diatas maka memunculkan rumusan masalah sebagaimana berikut, 1) Untuk mengetahui penerapan Model STAD untuk Mengatasi Kesulitan Siswa dalam Menentukan Letak Geografis kelas IX SMPN 5 Pamekasan. 2) Untuk Mengetahui apa saja faktor yang dihadapi dengan penerapan Model STAD untuk Mengatasi Kesulitan Siswa dalam Menentukan Letak Geografis kelas IX SMPN 5 Pamekasan. 3) Untuk mengetahui Bagaimana upaya yang dihadapi dengan penerapan model STAD untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menentukan Letak Geografis kelas IX SMPN 5 pamekasan. Penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang memaparkan data secar deskriktif . metode yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dukomentasi serta cara yang digunakan dengan menggunakan tringgulasi. Hasil penelitian menunjukan penerapan mode pembelajaran STAD pada siswa SMPN 5 Pamekasan dapat menigkatkan prestasi belajar oleh siswa. Pembelajaran STAD adalah suatu pembelajaran, dimana kelas dibagi menjadi beberapa kelompok yang anggotannya empat siswa maksimal 5 siswa, anggotanya mempunyai kemampuan yang bermacam-macam atau (campuran), yaitu ; tingkat kinerja, jenis kelamin, dan suku. Diskusi yang dilakukan oleh siswa bertujuan untuk melatih kemampuan siswa yang terdapat pada lembar diskusi kelompok. Masalah kesulitan yang dihadapi siswa tentang materi letak geografis. Dengan menggunakan pembelajaran kelompok siswa dapat memahami secara mudah penjelasan yang sudah dijelaskan oleh guru. Dengan cara belajar menggunakan model pembelajaran STAD tersebut dapat mempermudah kesulitan siswa secara signifikan pada pokok materi letak luas benua asia siswa kelas IX SMPN 5 Pamekasan tahun pelajaran 2019-2020.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m71F ??
?? m_071 ??
?? m_196 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mrs. Fatimah Aria Utami
Date Deposited: 03 Feb 2021 01:28
Last Modified: 03 Feb 2021 01:28
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/618

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item