Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Ipa Kelas V Di SDN Tlagah II

Dandi, Mochammad (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Ipa Kelas V Di SDN Tlagah II. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
18381051052 _SAMPUL.pdf

Download (231kB)
[img] Text
18381051052_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (194kB)
[img] Text
18381051052_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (204kB)
[img] Text
18381051052_ABSTRAK.pdf

Download (15kB)
[img] Text
18381051052_DAFTAR ISI.pdf

Download (185kB)
[img] Text
18381051052_BAB I.pdf

Download (315kB)
[img] Text
18381051052_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] Text
18381051052_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] Text
18381051052_BAB IV.pdf

Download (683kB)
[img] Text
18381051052_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
18381051052_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (399kB)
[img] Text
18381051052_KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (204kB)

Abstract

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Bamboo Dancing, Hasil Belajar, Pembelajaran IPA. Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya kerja sama dalam pembelajaran. Siswa hanya cenderung mengikuti mata pelajaran mandiri terutama dalam pembelajaran IPA. Siswa tidak mempunyai keinginan untuk saling bertukar pendapat. Hal ini, menyebabkan motivasi belajar rendah. Guru hanya sebatas memberi materi dan menyuruh siswa menulis tanpa ada tanya jawab dan tugas yang mengharuskan siswa untuk kerja sama. Kurangnya kerja sama menyebabkan hasil belajar dalam pembelajaran IPA siswa kurang baik dan cenderung rendah. Ada 2 fokus dalam penelitian ini yaitu Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing dalam meningkatkan hasil belajar IPA Kelas V di SDN Tlagah II? Bagaimana hasil dari penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Bamboo Dancing untuk meningkatkan hasil belajar IPA di SDN Tlagah II? Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Tlagah II Pegantenan yang berjumlah 15 orang. Penelitian ini, antara peneliti dan guru kelas V SDN Tlagah II Pegantenan mengadakan kolaborasi untuk menentukan kriteria yang digunakan dalam keberhasilan dalam suatu pembelajaran. Dan strategi yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian: pertama, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing sebagai berikut: Guru menyusun/menyiapkan media yang akan ditampilkan, Guru menginformasikan kepada siswa model pembelajaran yang akan digunakan, Guru membentuk kelompok siswa yang anggotanya 3 orang, Memberikan penjelasan tentang kompetensi yang ingin dicapai, Masing-masing siswa berkumpul dengan kelompoknya, sambil memerhatikan penjelasan guru tentang tugas dari kertas gulungan, kemudian masing-masing siswa diberikan kertas sebagai lembar kerja untuk membahas, Masing-masing kelompok menyampaikan hasil kesimpulannya, Guru memberikan kesimpulan secara umum, Evaluasi dan Penutup. Kedua, hasil penelitian pada Prasiklus tergolong sangat rendah. Hanya 1 orang yang mencapai KKM dengan presentase 6,6% dan 14 orang yang mencapai KKM dengan presentase 93,4%. Pada siklus I ada 6 siswa mencapai KKM dengan presentase 40% dan 9 siswa belum mencapai KKM dengan presentase 60%. Kemudian pada siklus II ada 14 siswa mencapai KKM dengan presentase 93% dan 1 orang siswa belum mencapai KKM dengan presentase 0,06%

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:11
Last Modified: 09 Jul 2024 02:11
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6187

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item