Abbas, Abul (2023) Peran Guru Kelas dalam Membina Kedisiplinan Siswa di Mi Nurul Yaqin Gunung Sari Desa Badung Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
A. ABUL ABBAS_19381051097_Cover_PGMI.pdf Download (68kB) |
|
Text
C. ABUL ABBAS_19381051097_HALAMAN PERSETUJUAN_PGMI.pdf Download (78kB) |
|
Text
D. ABUL ABBAS_19381051097_HALAMAN PENGESAHAN_PGMI.pdf Download (112kB) |
|
Text
E. ABUL ABBAS_19381051097_ABSTRAK_PGMI.pdf Download (31kB) |
|
Text
F. ABUL ABBAS_19381051097_DAFTAR ISI_PGMI.pdf Download (38kB) |
|
Text
G. ABUL ABBAS_19381051097_BAB I_PGMI.pdf Download (213kB) |
|
Text
H. ABUL ABBAS_19381051097_BAB II_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
|
Text
I. ABUL ABBAS_19381051097_BAB III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
|
Text
J. ABUL ABBAS_19381051097_BAB IV_PGMI.pdf Download (429kB) |
|
Text
K. ABUL ABBAS_19381051097_BAB V_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
|
Text
L. ABUL ABBAS_19381051097_DAFTAR RUJUKAN_PGMI.pdf Download (149kB) |
|
Text
B. ABUL ABBAS_19381051097_SURAT PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_PGMI.pdf Download (107kB) |
Abstract
Kata Kunci: Peran Guru Kelas, Kedisiplinan Penelitian ini membahas tentang Peran Guru Kelas Dalam Membina Kedisiplinan Siswa di MI Nurul Yaqin Gunung Sari Desa Badung Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan yang saat ini penting bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru kelas dalam membina kedisiplinan. Adapun penelitian ini memiliki dua fokus penelitian yang menjadi pembahasan pokok sebagai berikut: Pertama, Bagaimana peran guru kelas dalam membina kedisiplinan siswa di MI Nurul Yaqin? Kedua, Apa saja faktor pendukung dan penghambat bagi guru dalam membina kedisiplinan siswa di MI Nurul Yaqin? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara semi struktur, observasi dan dokumentasi. Yang menjadi informan adalah kepala sekolah dan guru kelas. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan metode. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, bahwa guru berperan penting dalam membina kedisiplinan siswa di MI Nurul Yaqin Gunung Sari, Adapun peran guru yaitu berperan sebagai pembimbing dan pendidik, guru sebagai motivator, guru juga berperan sebagai evaluator tidak hanya itu guru juga bisa dikatakan multi peran karna hampir semua peran orang tua bisa di perankan oleh guru, karna pada dasarnya guru sebagai pengganti orangtua siswa. Kedua, terdapata beberapa faktor pendukung dan penghambat bagi seorang guru dalam membina kedisiplinan siswa, adapun faktor pendukungnya yaitu profesionalisme guru dalam mendidik siswa, kesiapan guru dalam memberikan materi, dukungan dari kepala sekolah, kesadaran dari siswa itu sendiri serta sarana dan prasarana. Sedangkan faktor penghambat yang sering di hadapi atau di temui oleh guru-guru di MI Nurul Yaqin Gunung Sari ketika membina kedisiplinan siswa kelas V yaitu: Tidak adanya komunikasi antara guru dengan orangtua siswa, Kurangnya kemauan dari siswa dan Pengaruh dari teman sekelasnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 02:11 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 02:11 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6190 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |