Maulidiyah, Rabiatul (2023) Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Video Interaktif Tema 6 Subtema 1 Kelas 3 SDN Omben 2 Kec. Omben Kab. Sampang Tahun Ajaran 2022 / 2023. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
19381052075_SAMPUL.pdf Download (484kB) |
|
Text
19381052075_HALAMAN PERSETUJUAN .pdf Download (47kB) |
|
Text
19381052075_HALAMAM PENGESAHAN.pdf Download (322kB) |
|
Text
19381052075_ABSTRAK.pdf Download (83kB) |
|
Text
19381052075_DAFTAR ISI.pdf Download (518kB) |
|
Text
19381052075_BAB I.pdf Download (362kB) |
|
Text
19381052075_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (536kB) |
|
Text
19381052075_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (386kB) |
|
Text
19381052075_BAB IV.pdf Download (840kB) |
|
Text
19381052075_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
|
Text
19381052075_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (207kB) |
|
Text
19381052075_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (400kB) |
Abstract
Kata Kunci : minat belajar, video interaktif Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar siswa kelas 3 SDN Omben 2 mata pelajaran tema 6 subtema 1 dikarenakan kurangnya kreativitas guru untuk menggunakan media pembelajaran sehingga membuat siswa kurang fokus dan kurang konsentrasi dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran video interaktif dalam meningkatkan minat belajar materi sumber energi pada siswa kelas III pada mata pelajaran tema 6 subtema 1 di SDN Omben 2 Sampang. Untuk mengetahui Perencanaan, Pelaksanaan dan juga hasil dari penerapan media pembelajaran video interaktif pada siswa kelas III di SDN Omben 2 Sampang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran (kualitatif dan kuantitatif) melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Tindakan dari masing-masing siklus terdiri dari satu pertemuan, dalam setiap pertemuan terdiri dari empat tahapan dari Penelitian Tindakan kelas yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Untuk perencanaan dalam penelitian ini harus menentukan waktu pelaksanaan, menyiapkan RPP, menentukan media pembelajaran, menyiapkan alat- alat yang dibutuhkan, menyiapkan lembar observasi siswa selama pembelajaran, dan juga menyiapkan soal hasil pembelajaran dan angket minat belajar. Pada tahap pelaksanaan dimulai dari kegiatan awal yaitu mengucapkan salam, membaca do’a, melakukan absensi, guru memberikan motivasi agar siswa semangat belajar. Pada kegiatan inti, peneliti menjelaskan materi tentang Sumber energi sebagai pengantar agar tidak bingung selanjutnya menggunakan media pembelajaran yang berkaitan dengan materi tersebut, guru sambil menjelaskan isi materi yang ada di video tersebut. Sebelum akhir pembelajaran, siswa mengerjakan soal hasil pembelajaran dan angket minat belajar yang sudah diberikan oleh peneliti, setelah selesai langsung dikumpulkan dan pembelajaran diakhiri dengan membaca do’a bersama-sama. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan pengetahuan maka minat belajar siswa juga meningkat pada siswa kelas III pada mata pelajaran Tema 6 Subtema 1 melalui media pembelajaran video interaktif di SDN Omben 2 Sampang. Telah dibuktikan dari hasil belajar dalam setiap akhir siklus. Pada tahap pra siklus presentase siswa mencapai 36 % mengalami peningkatan pada siklus 1 yaitu mencapai 56% sedangkan pada siklus 2 juga mengalami peningkatan sebesar 84 %.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 02:11 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 02:11 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6191 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |