Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Keterampilan Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Di MTS. 1 Putri Annuqayah Guluk-guluk Sumenep

Nabila, Labibatin (2023) Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Keterampilan Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Di MTS. 1 Putri Annuqayah Guluk-guluk Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a) Miftahul Akhyar_19381041126_ Cover_ MPI.pdf

Download (134kB)
[img] Text
c) Miftahul Akhyar_ 19381041126_ Lembar Persetujuan_Pembimbing_ MPI.pdf

Download (38kB)
[img] Text
d) Miftahul Akhyar_ 19381041126_ Lembar Pengesahan_MPI.pdf

Download (79kB)
[img] Text
e) Miftahul akhyar_ 19381041126_ Abstrak_ MPI.pdf

Download (148kB)
[img] Text
f) Miftahul Akhyar_ 19381041126- Daftar Isi_ MPI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
g) Miftahul Akhyar_ 19381041126_ BAB I_MPI.pdf

Download (242kB)
[img] Text
h) Miftahul Akhyar_ 19381041126_BAB II_ MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] Text
i) Miftahul Akhyar_ 19381041126_ BAB III_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
j) Miftahul Akhyar_ 19381041126_ BAB IV_MPI.pdf

Download (393kB)
[img] Text
k) Miftahul Akhyar_ 19381041126_ BAB V_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
l) Miftahul Akhyar_ 19381041126_ Daftar_ Pustaka_MPI.pdf

Download (160kB)
[img] Text
b) Miftahul Akhyar_ 19381041126_ Surat_ Pernyataan Keaslian Karya_ Dan_ Persetuan Publikasi_MPI.pdf

Download (67kB)

Abstract

Kata Kunci: Pengelolaan Sarana Dan Prasarana, pendidikan Keterampilan, Kreativitas Siswa. Sarana dan parasarana menjadikan sekolah memilki kualitas tinggi baik dari bidang akademik maupun non akademik. Sarana dan prasarana pendidikan harus relevan dengan kebutuhan, maka perlu pengkajian lebih jauh tentang pengelolaan sarana dan prasarana, supaya visi dan misi dari sekolah tercapai sesuai dengan planning awal. Ada dua fokus yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini. Pertama, Bagaimana Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Keterampilan dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa di MTs. 1 Putri Annuqayah Guluk-guluk Sumenep?. Kedua, Apa faktor pendukung dan penghambat Pendidikan Keterampilan dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa di MTs. 1 Putri Annuqayah Guluk-guluk Sumenep?. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah Kepala Madrasah, Waka Sarpras, waka kesiswaan, penanggung jawab pendidikan keterampilan dan siswa yang mengikuti pendidikan keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, suatu pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan keterampilan yang di dalamnya ada beberapa kegiatan meliputi:1) Melakukan perencanaan yang matang agar dalam proses pengelolaan bisa berjalan dengan lancar, 2) Pengadaan sarana dan prasarana di lakukan dengan sangat hati-hati dan teliti, 3) Inventarisasi sarana dan prasarana yang cukup penting agar dapat tersusun secara sistematis, tertib dan teratur, 4) Penyimpanan sarana dan prsarana yang sudah diadakan sebelumnya, 5) Pendistribusian barang-barang disalurkan pada yang membutuhkan dan berdasarkan jadwal, 6) Pemeliharaan sarana dan prasarana keterampilan dilakukan agar barang-barang yang sudah di adakan tahan lama dan awet dan 7) Penghapusan sarana dan prasarana untuk pembebasan dari pertanggung jawaban. 8) Adanya sarana dan prasarana dapat meningkatkan kreativitas siswa yang mengikuti keterampilan Merajut, kerajinan tangan dan tata boga, mereka merespon positif yang sangat baik bahwa menurut mereka banyak memperoleh ilmu-ilmu baru dari mengikuti keterampilan tersebut. Kedua, Faktor pendukung dalam pengelolaan sarana dan prasarana keterampilan di MTs. 1 Putri Annuqayah yaitu: 1) guru/Pembina prakarya dan siswa bertanggung jawab dengan barangbarang yang diapakai. 2) Adanya Koordinasi yang baik dengan guru yang lain. 3) dari semangat anak-anak yang mengikuti pendidikan keterampilan dan dari Semua guru juga sangat memotivasi. 4) Adanya pendidikan keterampilan dan fasilitas yang memadai. Sedangkan faktor penghambat dalam pengelolaan sarana dan prasarana keterampilan,1) waka sarana dan prasarana memilki jam mengajar yang overloud, membuat pekerjaan sarana dan prasarana terbengkalai. 2) Dana sarana dan prasarana dari sekolah. 3) kurang aktivnya siswa dalam mengikuti pendidikan keterampilan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 11 Jul 2024 03:00
Last Modified: 11 Jul 2024 03:00
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6197

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item