Peran Guru Kelas Dalam Penanaman Pendidikan Karakter Kerja Keras, Komunikatif, dan Toleransi Pada Siswa Di Kelas IV SDN Blumbungan 1 Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan

wati, Hemilia (2023) Peran Guru Kelas Dalam Penanaman Pendidikan Karakter Kerja Keras, Komunikatif, dan Toleransi Pada Siswa Di Kelas IV SDN Blumbungan 1 Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Hemiliawati_19381052019_Cover_PGMI.pdf

Download (38kB)
[img] Text
Hemiliawati_19381052019_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf

Download (174kB)
[img] Text
Hemiliawati_19381052019_Lembar_Pengesahan_PGMI.pdf

Download (215kB)
[img] Text
Hemiliawati_19381052019_Abstrak_PGMI.pdf

Download (9kB)
[img] Text
Hemiliawati_19381052019_Daftar_Isi_PGMI.pdf

Download (16kB)
[img] Text
Hemiliawati_19381052019_BAB I_PGMI.pdf

Download (347kB)
[img] Text
Hemiliawati_19381052019_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] Text
Hemiliawati_19381052019_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text
Hemiliawati_19381052019_BAB IV_PGMI.pdf

Download (401kB)
[img] Text
Hemiliawati_19381052019_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
Hemiliawati_19381052019_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf

Download (124kB)
[img] Text
Hemiliawati_19381052019_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan_Publikasi_PGMI.pdf

Download (178kB)

Abstract

Kata Kunci: Peran Guru Kelas, Pendidikan Karakter Kerja Keras, Komunikatif, Toleransi. Pendidikan karakter perlu ditanamkan disekolah karena tidak semua anak mempunyai karakter yang baik. Kegagalan dalam pendidikan karakter dapat terjadi jika anak tidak mendapatkan pendidikan karakter sejak dini. Akhir-akhir ini banyak orang tua yang cenderung mementingkan aspek kecerdasan dari pada karakter. Akibatnya sekolah menjadi tumpuan harapan dalam proses pendidikan karakter bagi siswa. Dalam hal ini peran guru terutama guru kelas yang sering bertatap muka dengan peserta didiknya sangat penting dalam proses penanaman pendidikan karakter kerja keras, komunikatif, dan toleransi pada siswa di kelas IV. Untuk itu guru hendaknya harus mampu menanamkan dan mengembangkan kompetensi dan pendidikan karakter bagi siswa. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: Pertama, bagaimana peran guru kelas dalam penanaman pendidikan karakter kerja keras, komunikatif, dan toleransi pada siswa di kelas IV SDN Blumbungan 1. Kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat penanaman pendidikan karakter kerja keras, komunikatif, dan toleransi pada siswa di kelas IV SDN Blumbungan 1. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Untuk metode pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, peran guru kelas dalam penanaman pendidikan karakter kerja keras, komunikatif, dan toleransi pada siswa di kelas IV yaitu diperoleh hasil peran guru sebagai: a) pendidik, dengan mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai karakter yang baik. b) motivator, dengan memberikan motivasi dalam bentuk arahan, bimbingan, cerita, bahkan sangsi dalam menanamkan nilai karakter. c) model dan teladan yang baik bagi siswa dengan cara menunjukkan sikap dan perilaku yang mencerminkan karakter kerja keras, komunikatif, dan toleransi yang baik. Kedua, faktor pendukung penanaman pendidikan karakter kerja keras, komunikatif, dan toleransi pada siswa di kelas IV yaitu: a) kebiasaan berperilaku baik. b) lingkungan yang baik. c) pembiasaan yang dilakukan disekolah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: a) insting atau naluri anak. b) keturunan atau keluarga. c) lingkungan luar yang kurang baik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:10
Last Modified: 09 Jul 2024 02:10
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6198

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item