Zahroh, Fitriatus (2023) Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Di SMP Negeri 2 Pademawu. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Fitriatus Zahroh_20381042079_cover_MPI.pdf Download (39kB) |
|
Text
Fitriatus Zahroh_20381042079_ LEMBAR_PERSETUJUAN_PEMBIMBING_MPI.pdf Download (35kB) |
|
Text
Fitriatus Zahroh_20381042079_LEMBAR PENGESAHAN_MPI.pdf Download (65kB) |
|
Text
Fitriatus Zahroh_20381042079_abstrak_MPI.pdf Download (30kB) |
|
Text
Fiyriatus Zahroh_20381042079_DAFTAR_ISI_MPI.pdf Download (31kB) |
|
Text
Fitriatus Zahroh_20381042079_BAB I_MPI.pdf Download (139kB) |
|
Text
Fitriatus Zahroh_20381042079_BAB II_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) |
|
Text
Fitriatus Zahroh_20381042079_BAB III_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
|
Text
Fitriatus Zahroh_20381042079_BAB IV_MPI.pdf Download (743kB) |
|
Text
Fitriatus Zahroh_20381042079_BAB V_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
|
Text
Fitriatus Zahroh_20381042079_DAFTAR _RUJUKAN_MPI.pdf Download (157kB) |
|
Text
Fitriatus Zahroh_20381042079_SURAT_PERNYATAAN_KEASLIAN KARYA_MPI.pdf Download (90kB) |
Abstract
Kata Kunci : Manajemen, Kurikulum Merdeka, Literasi Dalam penerapan kurikulum, pentinganya manajemen dalam mengatur jalannya suatu rancangan kegiatan. Kurikulum merdeka sebagai pembelajaran intrakurikuler yang beragam sehingga peserta didik cukup waktu untuk memperkuat kompetensi. Kurikulum merdeka ini juga menekankan literasi sebagai keterampilan dasar yang harus dimiliki siswa. Berdasarkan hal tersebut, ada dua pokok permasalahan yang akan menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana perencanaan kurikulum merdeka dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa di SMP Negeri 2 Pademawu, Kedua, Bagaimana pelaksanaan kurikulum merdeka dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa di SMP Negeri 2 Pademawu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru Bahasa Indonesia, dan siswa. Sedangkan analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pertama, dalam perencanaan kurikulum merdeka sekolah tidak memutuskan sepihak melainkan dengan mengambil pendapat-pendapat yang ada. Pengambilan keputusan tersebut sesuai dengan rencana yang ada, dengan menganalisis kondisi sosiokultural, dengan menganalisis kondisi ketersediaan fasilitas dan dengan menerapkan model perencanaan interaktif rasional (The Rational Interactive Model). Kedua, dalam pelaksanaan kurikulum merdeka kegiatan kurikulum merdeka yang berhubungan dengan tugas kepala sekolah dengan memotivasi guru dengan memberikan arahan untuk mengikuti workshop dan kegiatan MGMP, kegiatan kurikulum merdeka yang berhubungan dengan tugas tenaga pendidik dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa dengan menerapkan pembiasaan membaca dan dalam tolok ukur keberhasilan guru dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa dilihat dari kemampuan peserta didik dalam pencapaian nilai dan keterampilan sebagai hasil dari kegiatan belajar yang dilakukan oleh siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 03:00 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 03:00 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6204 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |