Peran Guru Profesional Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V di MI Miftahul Ulum Aengdake Bluto Sumenep. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura

Iswahyudi, Heri (2020) Peran Guru Profesional Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V di MI Miftahul Ulum Aengdake Bluto Sumenep. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Heri Iswahyudi_18201501050030_Cover_PGMI.pdf.pdf

Download (38kB)
[img] Text
Heri Iswahyudi_18201501050030_Lembar Persetujuan Pembimbing_PGMI.pdf.pdf

Download (71kB)
[img] Text
Heri Iswahyudi_18201501050030_Lembar Pengesahan_PGMI_pdf.pdf

Download (142kB)
[img] Text
Heri Iswahyudi_18201501050030_Abstrak_PGMI.pdf.pdf

Download (8kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR (pdf).pdf

Download (139kB)
[img] Text
Heri Iswahyudi_18201501050030_Daftar Isi_PGMI.pdf.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Heri Iswahyudi_18201501050030_BAB I_PGMI.pdf.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Heri Iswahyudi_18201501050030_BAB II_PGMI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] Text
Heri Iswahyudi_18201501050030_BAB III_PGMI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
Heri Iswahyudi_18201501050030_BAB IV_PGMI.pdf.pdf

Download (276kB)
[img] Text
Heri Iswahyudi_18201501050030_BAB V_PGMI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
Heri Iswahyudi_18201501050030_Daftar Pustaka_PGMI.pdf.pdf

Download (140kB)
[img] Text
Heri Iswahyudi_18201501050030_Pernyataan Keaslian Tulisan_PGMI.pdf.pdf

Download (111kB)

Abstract

Kata Kunci: Guru Profesional, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tiga faktor. Pertama, dari hasil pengalaman, pengamatan, dan wawancara peneliti saat berada di lembaga tersebut ditemukan ada beberapa siswa/i kurang memiliki motivasi belajar yang baik hal ini terlihat dari sikap serta prilaku siswa yang kurang bersemangat saat melakukan kegiatan belajar di dalam kelas. Kedua, peneliti mengambil kelas V karena menurut asumsi peneliti kelas tinggi seperti kelas V keadaan, kondisi siswa mudah dikondisikan baik dari segi pengelolaan kelas, dan pengelolaan siswa. Ketiga, fakta menunjukkan bahwa anak usia sekolah dasar banyak yang kecanduan terhadap adanya teknologi, hal tersebut berdampak negatif terhadap berkurangnya minat anak untuk belajar, banyak waktu luang mereka dipergunakan untuk hal yang tidak berfaedah seperti, bermain game online, nonton youtube dan lain sebagainya. Dalam fenomena yang terjadi disini maka peneliti tertarik untuk mengangkat masalah motivasi belajar yang dicocokkan dengan peran. Maka judul yang peneliti angkat adalah Peran Guru Profesional Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V di MI Miftahul Ulum Aengdake. Penelitian ini mempunyai dua titik fokus masalah. Pertama, Bagaimana peran guru profesional dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V di MI Miftahul Ulum Aengdake. Kedua, Strategi apa yang diterapkan guru profesional dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V di MI Miftahul Ulum Aengdake. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deksriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru kelas V, dan siswa kelas kelas V. sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi dengan sumber. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data maka dapat disimpulkan bahwa: Bagaimana peran guru profesional dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V MI Miftahul Ulum Aengdake adalah: Pertama, para guru profesional di MI Miftahul Ulum Aengdake sudah melakukan perannya dengan baik yakni, dengan melakukan pendidikan, pembimbingan, dan pelatihan yang cukup terhadap siswa kelas V dalam kegiatan belajar mengajar, dan guru kelas V sudah menyiapkan berbagai kebutuhan belajar siswa dengan baik, seperti penyiapan Silabus, RPP, media pembelajaran, hal ini mereka lakukan agar tercipta pembelajaran yang efektif dan efisien serta tujuan pembelajaran dapat tercapai. Kedua, strategi yang diterapkan oleh guru profesional dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V MI Miftahul Ulum Aengdake adalah dengan menerapkan strategi pemberian pujian, dan pemberian angka kepada siswa, serta menggunakan beberapa metode yang dicocokkan dengan materi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 03 Feb 2021 01:30
Last Modified: 18 Jul 2024 01:46
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/621

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item