Efektivitas Metode Pembelajaran Talking Stick Pada Pembelajaran PPkn Kelas VI Di SDN Gugul 1 Tlanakan Pamekasan

Izzah, Iftitahul (2023) Efektivitas Metode Pembelajaran Talking Stick Pada Pembelajaran PPkn Kelas VI Di SDN Gugul 1 Tlanakan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Iftitahul Izzah_19381052018_Cover_PGMI.Pdf.pdf

Download (219kB)
[img] Text
Iftitahul Izzah_19381052018_Lembar_Persetujuan Pembimbing_PGMI.Pdf.pdf

Download (74kB)
[img] Text
Iftitahul Izzah_19381052018_Lembar Pengesahan_PGMI.Pdf.pdf

Download (94kB)
[img] Text
Iftitahul Izzah_19381052018_Absrak_PGMI.Word.pdf

Download (33kB)
[img] Text
Iftitahul Izzah_19381052018_Daftar Isi_PGMI.Pdf.pdf

Download (282kB)
[img] Text
Iftitahul Izzah_19381052018_BAB I_PGMI.Pdf.pdf

Download (208kB)
[img] Text
Iftitahul Izzah_19381052018_BAB II_PGMI.Pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[img] Text
Iftitahul Izzah_19381052018_BAB III_PGMI.Pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] Text
Iftitahul Izzah_19381052018_BAB IV_PGMI.Pdf.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Iftitahul Izzah_19381052018_BAB V_PGMI.Pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] Text
Iftitahul Izzah_19381052018_Daftar Pustaka_PGMI.Pdf.pdf

Download (405kB)
[img] Text
Iftitahul Izzah_19381052018_ Pernyataan Keaslian Tulisan_PGMI.Pdf.pdf

Download (181kB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Talking Stick, PPKn Pada saat kegiatan belajar mengajar guru harus mampu memberikan pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan. agar bisa mengatasi kebosanan/kejenuhan siswa, dan kurangnya fokus terhadap pembelajaran, untuk itu diperlukan metode talking stick yang dapat mengaktifkan siswa berbicara atau menjawab pertanyaan dari guru dalam proses pembelajaran PPKn, sehingga guru perlu menerapkan metode talking stick pada pembelajaran PPKn. Penerapan metode talking stick dalam bentuk permainan menggunakan bantuan tongkat bisa digunakan guru untuk merancang kegiatan pembelajaran yang menarik, dan mengkodisikan siswa didalam kelas. Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat 3 fokus penelitian yang digunakan yaitu: pertama, bagaimanakah pelaksanaan menggunakan metode pembelajaran talking stick pada pembelajaran PPKn kelas VI di SDN Gugul 1? Kedua, bagaimana keaktifan siswa dalam menerapkan metode pembelajaran talking stick pada pembelajaran pada pembelajaran PPKn kelas VI di SDN Gugul 1? Ketiga, apa saja faktor pendukung efektivitas metode pembelajaran talking stick pada pembelajaran PPKn kelas VI di SDN Gugul 1? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis desktiptif. Data yang dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber datanya guru kelas, dan siswa kelas VI di SDN Gugul 1 Dalam menganalisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Adapun triangualasi yang digunakan adalah metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, pelaksanaan menggunakan metode talking stick dalam pembelajaran PPKn sudah berjalan dengan baik karena dilihat dari langkah guru dari awal pembelajaran menjelaskan tujuan pembelajaran, menyiapkan sebuah tongkat, menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari, setelah itu memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca materinya kembali, lalu guru mengambil tongkat dan menyerahkan tongkat kepada salah satu siswa dengan bergulir dan diringi dengan menyanyikan lagu, lalu ketika guru mengucapkan berhenti maka siswa yang memegang tongkat yang akan menjawab pertanyaan, memberikan kesimpulan, evaluasi, dan penutup. Kedua, Keaktifan siswa dalam menerapkan metode pembelajaran talking stick pada pembelajaran PPKn bisa dilihat dari segi prosesnya siswa lebih aktif, dan sangat antusias sekali dalam mengikuti pembelajaran karena dikombinasikan dengan permainan. Ketiga, faktor pendukung efektifitas metode talking stick pada pembelajaran PPKn meliputi faktor internal intelegensi siswa, dan minat sedangkan faktor eksternal guru, siswa, buku tema kepemimpinan dan tongkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:10
Last Modified: 09 Jul 2024 02:10
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6212

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item