Hosnol, Karimah (2020) Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Di SDN Pademawu Barat 1, Skripsi, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, FakultasTarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Hosnol Karimah_20160701050029_Cover_PGMI.pdf.pdf Download (43kB) |
|
Text
Hosnol Karimah_20160701050029_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
Hosnol Karimah_20160701050029_Lembar Pengesahan_PGMI_pdf.pdf Download (102kB) |
|
Text
Hosnol Karimah_20160701050029_Abstrak_PGMI.pdf.pdf Download (87kB) |
|
Text
Hosnol Karimah_20160701050029_Daftar_Isi_PGMI.pdf.pdf Download (159kB) |
|
Text
Hosnol Karimah_20160701050029_Bab I_PGMI.pdf.pdf Download (476kB) |
|
Text
Hosnol Karimah_20160701050029_Bab II_PGMI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) |
|
Text
Hosnol Karimah_20160701050029_Bab III_PGMI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) |
|
Text
Hosnol Karimah_20160701050029_Bab IV_PGMI.pdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
Hosnol Karimah_20160701050029_Bab V_PGMI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
|
Text
Hosnol Karimah_20160701050029_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf.pdf Download (267kB) |
|
Text
Hosnol Karimah_20160701050029_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_dan_Persetujuan_Publikasi_PGMI.pdf.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Model Interaktif Penelitian ini dilatar belakangi oleh keresahan bahwa selama ini, pembelajaran Bahasa Indonesia di jenjang SD salah satu pembelajaran yang mudah tapi, peserta didik masih sulit untuk memahaminya hal ini dikarenakan guru hanya menggunakan metode ceramah saja, dan juga kurangnya keterampilan guru dalam penggunaan model pembelajaran, Sehingga mengakibatkan motivasi belajar peserta didik rendah. Untuk menindak lanjuti permasalahan pada pembelajaran Bahasa Indonesia perlu adanya suatu tindakan, salah satu alternatif yang bisa digunakan adalah dengan penggunaan model pembelajaran interaktif. Penelitian ini dilakukan di SDN Pademawu Barat 1, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus memiliki 4 tahap yaitu: perencanaan, observasi, wawancara dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, tes dan non tes serta dokumentasi. Teknik analisis data berupa data kualitatif, alat pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi dan soal tes formatif. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran Interaktif. Persentase ketuntasan siswa pada prasiklus adalah 40,90% sedangkan persentase ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 50% meningkat lagi ketuntasan siswa pada siklus II sebesar 86,63%. Peningkatan ketuntasan belajar siswa juga diikuti dengan peningkatan rata-rata siswa yaitu pada pra-siklus sebesar 66,77 meningkat 67 dan meningkat lagi pada siklus II sebesar 75,81. peningkatan sebesar 77,27% dengan nilai rata-rata 74,27 dan termasuk kriteria baik. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran Interaktif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 03 Feb 2021 01:31 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 01:46 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/622 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |