Upaya Menanamkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Melalui Kegiatan Hafalan Juz Amma di MI Nurul Hikmah Pasongsongan Sumenep

Roqi’ah, Siti (2023) Upaya Menanamkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Melalui Kegiatan Hafalan Juz Amma di MI Nurul Hikmah Pasongsongan Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
SITI ROQI'AH_19381052081_COVER_PGMI.pdf

Download (74kB)
[img] Text
SITI ROQIAH-HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (50kB)
[img] Text
SITI ROQIAH-HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (69kB)
[img] Text
SITI RAQI'AH_19381052081_ABSTRAK_PGMI.pdf

Download (253kB)
[img] Text
SITI ROQI'AH_19381052081_DAFTAR ISI_PGMI.pdf

Download (12kB)
[img] Text
SITI ROQI'AH_19381052081_BAB I_PGMI.pdf

Download (196kB)
[img] Text
SITI ROQI'AH_19381052081_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] Text
SITI ROQI'AH_19381052081_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text
SITI ROQI'AH_19381052081_BAB IV_PGMI.pdf

Download (278kB)
[img] Text
SITI ROQI'AH_19381052081_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] Text
SITI ROQI'AH_19381052081_DAFTAR RUJUKAN_PGMI.pdf

Download (133kB)
[img] Text
SITI ROQIAH-PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (75kB)

Abstract

Kata Kunci: Kecerdasan Spiritual, Hafalan Juz Amma. Pendidikan islam selalu menjunjung tinggi nilai-nilai spiritual keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT setiap proses pendidikannya serta menanamkan nilai-nilai spiritual tersebut kedalam hati peserta didiknya agar mereka yakin bahwa nilai-nilai spiritual itulah yang akan menjadi dasar utama dalam menjalankan kehidupannya. Dengan demikian para peserta didik akan lebih mudah dalam beristiqomah untuk tetap berada di jalan yang benar dan dapat menjauhkan diri dari maksiat kepada Allah SWT. Mengetahui tujuan penciptaannya yaitu agar selalu beribadah dan menghambakan diri kepada Allah SWT serta berkhlaq mulia dan dapat bertindak sesuai dengan fitrah manusia yang telah Allah tetapkan. Mengetahui besarnya manfaat kecerdasan spiritual bagi peserta didik dalam sebuah proses pendidikan maka perlu adanya sebuah metode dalam meningkatkan spiritualnya guna mempermudah dalam mencapai tujuan pendidikan islam itu sendiri. Sehingga dalam penelitian ini terdapat tiga fokus penelitian yaitu: pertama bagaimana pelaksanaan program kegiatan hafalan juz amma di MI Nurul Hikmah Pasongsongan Sumenep?, kedua, apa saja faktor hambatan kegiatan hafalan juz amma terhadap kecerdasan spiritual peserta didik di MI Nurul Hikmah Pasongsongan Sumenep?, ketiga, bagaimana gambaran kecerdasan spiritual peserta didik melalui kegiatan hafalan juz amma di MI Nurul Hikmah Pasongsongan Sumenep? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, sumber data yang diperoleh melalui wawancara, obeservasi dan dokumentasi dengan subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, guru takhfid dan siswa kelas V MI Nurul Hikmah Pasongsongan Sumenep. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kreadibility, trianggulasi dan konfermability Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, pelaksanaan program dalam kegiatan hafalan juz amma di MI Nurul Hikmah Pasongsongan Sumenep dengan melaksanakn program pembelajaran yang ada dildalam kelas yaitu pembelajaran Al-Qur’an dimana sudah dipelajari atau sudah dibiasakan dalam menghafal juz amma baik didalam kelas maupun diluar kelas, dan dimulai dengan membaca durat-surat pendek yang sudah dihafal serta mengulangulang berapa kali yang bertujuan agar siswa mudah hafal.kedua, faktor hambatan kegiatan hafalan juz amma terhadap kecerdasan spiritual peserta didik di MI Nurul Hikmah Pasongsongan Sumenep yaitu banyak hal yang difikirkan dalam satu waktu, kurang praktik dalam menghafal Al-Qur’an serta putus asa ketika tidak mencapai target. Dan terdapat faktor internal dan eksternal, dimana faktor internal ini terdapat dalam diri siswa sendiri yaitu segi emosional dan keinginan. Sedangkan faktor eksternal disini dapat dilihat dari sisi keluarga dan lingkungannya. Ketiga, gambaran kecerdasan spiritual peserta didik disini bisa dilihat dari sisi spiritualnya bahwa siswa yang lebih cerdas ataupun tingkat keinginannya untuk lebih menghafal Al-Qur’an yaitu dari segi kesopanan, ibadahnya, dari segi sholatnya misalkan praktek sholat seperti shalat dhuha berjemaah, maka dari situ bahwa yang lebih banyak menghafal juz amma ini akhlaqnya lebih baik karena mereka bukan sekedar menghafal melainkan bisa memberikan makna dari Al-Qur’an, serta memahami maknanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:09
Last Modified: 09 Jul 2024 02:09
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6225

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item