Rohmah, Siti (2023) Peningkatan Kreativitas Siswa Mata Pelajaran PAI Materi Puasa Kelas V SDS Islam Az-Zahra Tanjung Melalui Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
19381052104_SAMPUL.pdf Download (175kB) |
|
Text
19381052104_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (264kB) |
|
Text
19381052104_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (496kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (148kB) |
|
Text
19381052104_DAFTAR ISI.pdf Download (174kB) |
|
Text
19381052104_BAB I.pdf Download (473kB) |
|
Text
19381052104_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (541kB) |
|
Text
19381052104_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (490kB) |
|
Text
19381052104_BAB IV.pdf Download (714kB) |
|
Text
19381052104_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
|
Text
19381052104_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (263kB) |
|
Text
19381052104_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (629kB) |
Abstract
Kata Kunci: Kreativitas, Puasa, Facilitator, Explaining. Di era globalisasi seperti sekarang ini siswa dituntut untuk terus mampu mengikuti perubahan paradigma yang berlaku. Peningkatan kreativitas siswa dapat memebentuk pola pembelajaran PAI. Siswa kelas V SDS Islam Az-Zahra mengalami kesulitan dalam meningkatkan kreativitas diri. Kebanyakan siswa masih sangat sulit untuk menyesuaikan kemampuannya dengan kurikulum yang diberlakukan. Hal itu akan mempersulit siswa untuk mengembangkan kreativitas yang dimilikinya, dengan model pembelajaran student facilitator and explaining mampu memberikan peningkatan kreativitas terhadap diri siswa. Berdasarkan hal tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yang pertama, apakah penerapan model pembelajaran SFAE dapat meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran PAI materi puasa. Kedua, bagaimana langkah-langkah penggunaan model pembelajaran SFAE dalam meningkatkan kreativitas siswa pelajaran PAI materi puasa. Ketiga, apa saja faktor yang dapat menghambat peningkatan kreativitas siswa mata pelajaran PAI materi puasa kelas V SDS Islam Az-Zahra Tanjung Sampang melalui model pembelajaran Student Facilitator And Explaining. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran student facilitator and expalining dengan data berdasarkan observasi, tes dan dokumentasi. Hipotesis dari penelitian ini yaitu model pembelajaran student facilitator and explaining diduga dapat meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran PAI materi puasa di kelas V SDS Islam Az-Zahra. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah dapat menjelaskan penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining untuk peningkatan kreativitas siswa, langkah-langkah penggunaan model pembelajaran dan untuk mengetahui faktor penghambat dari kreativitas siswa pada mata pelajaran PAI materi puasa di kelas V SDS Islam AzZahra. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran student facilitator and explaining dapat meningkatkan kreativitas siswa mata pelajaran PAI materi puasa kelas V SDS Islam Az-zahra Tanjung. Adapun untuk faktor penghambat dari peningkatan kreativitas siswa ialah kurangnya pemanfaatan model pembelajaran, siswa tidak aktif dalam berdiskusi, siswa tidak bisa menjelaskan kembali materi yang telah dipelajari dan siswa sulit bertanya pada saat pembelajaran. Setelah dilakukan penelitian dengan dua siklus dengan masingmasing siklus ada dua pertemuan diperoleh peningkatan terhadap kreativitas siswa yang dapat dilihat dari nilai yang diperoleh dari setiap siklus.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 02:09 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 02:09 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6226 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |