Pengaruh Metode Bil-Qolam Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas II di SDI Matsaratul Huda Panempan

Wardiya P, Sitti Nurfaizah (2023) Pengaruh Metode Bil-Qolam Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas II di SDI Matsaratul Huda Panempan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Sitti Nurfaizah Wardiya P_19381052069_Cover_PGMI..pdf

Download (179kB)
[img] Text
Sitti Nurfaizah Wardiya P_19381052069_Lembar Persetujuan_PGMI..pdf

Download (264kB)
[img] Text
Sitti Nurfaizah Wardiya P_19381052069_Lembar Pengesahan_PGMI..pdf

Download (309kB)
[img] Text
Sitti Nurfaizah Wardiya P_19381052069_Abtrak_PGMI..pdf

Download (453kB)
[img] Text
Sitti Nurfaizah Wardiya P_19381052069_Daftar Isi_PGMI..pdf

Download (164kB)
[img] Text
Sitti Nurfaizah Wardiya P_19381052069_BAB I_PGMI..pdf

Download (625kB)
[img] Text
Sitti Nurfaizah Wardiya P_19381052069_BAB II_PGMI..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (706kB)
[img] Text
Sitti Nurfaizah Wardiya P_19381052069_BAB III_PGMI..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] Text
Sitti Nurfaizah Wardiya P_19381052069_BAB IV_PGMI..pdf

Download (485kB)
[img] Text
Sitti Nurfaizah Wardiya P_19381052069_BAB V_PGMI..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
Sitti Nurfaizah Wardiya P_19381052069_Daftar Pustaka_PGMI..pdf

Download (221kB)
[img] Text
Sitti Nurfaizah Wardiya P_19381052069_Surat Pernyataan Keaslian Tulisan_PGMI..pdf

Download (326kB)

Abstract

Kata Kunci : Metode Bil-Qolam, Kemampuan Membaca Al-Qur’an Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya siswa yang belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, belum bisa membedakan huruf hijaiyah, dan belum bisa membaca sesuai ilmu tajwid. Penyebab dari masalah ini yaitu guru masih belum menggunakan metode pembelajaran yang tepat. Banyak sekali metode yang dapat digunakan guru, salah satunya adalah metode Bil-Qolam. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: Apakah terdapat pengaruh metode Bil-Qolam terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di SDI Matsaratul Huda Panempan? Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan tes dan angket respon siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah jumlah seluruh populasi sebanyak 19 siswa dengan teknik sampling jenuh. Uji coba instrumen tes menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas. Teknik analisis data menggunakan uji paired sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode Bil-Qolam terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas II SDI Matsaratul Huda tahun ajaran 2022/2023. Ini dibuktikan berdasarkan hasil uji t diperoleh t hitung > t tabel (18,903 > 1,734) pada taraf signifikan α = 0,05 dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya ada perbedaan nilai rata-rata pre-test dan post-test kemampuan membaca Al-Qur’an setelah belajar dengan metode BilQolam. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran metode Bil-Qolam terhadap kemampuan membaca AlQur’an siswa kelas II SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:09
Last Modified: 09 Jul 2024 02:09
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6227

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item