Implementasi Model Pembelajaran Talking Stick dalam Meningkatkan keaktifan berbicara Siswa Kelas IV MI Mathaliul Ulum 1 Malangan Pademawu Timur Pamekasan

Jannah, Royyanatul (2020) Implementasi Model Pembelajaran Talking Stick dalam Meningkatkan keaktifan berbicara Siswa Kelas IV MI Mathaliul Ulum 1 Malangan Pademawu Timur Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Royyanatul Jannah_20160701050088_ Cover.pdf

Download (238kB)
[img] Text
Royyanatul Jannah_20160701050088_Halaman Persetujuan.pdf

Download (289kB)
[img] Text
Royyanatul Jannah_20160701050088_Halaman Pengesahan.pdf

Download (260kB)
[img] Text
Royyanatul Jannah_20160701050088_Abstrak.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Royyanatul Jannah_20160701050088_Daftar Isi.pdf

Download (193kB)
[img] Text
Royyanatul Jannah_ 20160701050088_BAB I.pdf

Download (340kB)
[img] Text
Royyanatul Jannah_ 20160701050088_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB)
[img] Text
Royyanatul Jannah_ 20160701050088_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] Text
Royyanatul Jannah_20160701050088_BAB IV.pdf

Download (516kB)
[img] Text
Royyaatul Jannah_ 20160701050088_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
Royyanatul Jannah_ 20160701050088_Daftar_Pustaka.pdf

Download (302kB)
[img] Text
Royyanatul Jannah_ 20160701050088_Surat_ Pernyataan_Keaslian Tulisan.pdf

Download (28kB)

Abstract

Kata Kunci : Model Pembelajaran Talking Stick, Keaktifan Berbicara. Dalam kegiatan pembelajaran seorang guru harus mampu memberikan pelajaran yang kreatif, inovatif dan menyenangkan, untuk itu diperlukan model pembelajaran talking stick yang mengaktifkan berbicara siswa dalam pembelajaran, sehingga guru perlu menerapkan model pembelajaran talking stick. Dalam model pembelajaran talking stick dalam bentuk permainan menggunakan batuan tongkat yang bisa digunakan guru untuk merancang kegiatan pembelajaran yang menarik dan mengkondisikan siswa, salah satunya yaitu dalam bentuk (talking stick) tongkat bergulir dengan iringan lagu atau musik yang menarik siswa agar lebih semangat dalam pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, apa saja jenis-jenis kegiatan berbicara dengan menggunakan model pembelajaran talking stick dalam meningkatkan keaktifan berbicara siswa kelas IV MI Mathaliul Ulum 1 Malangan Pademawu Timur Pamekasan?; kedua, bagaimana implementasi model pembelajaran talking stic dalam meningkatkan keaktifan berbicara siswa kelas IV MI Mathaliul Ulum 1 Malangan Pademawu Timur Pamekasan?; ketiga, apa saja faktor pendukung dan penghambat terlaksananya model pembelajaran talking stick dalam meningkatkan keaktifan berbicara siswa kelas IV MI Mathaliul Ulum 1 Malangan Pademawu Timur Pamekasan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian dilakukan di MI Mathaliul Ulum 1 Malangan Pademawu Timur Pamekasan, dengan subyek penelitian adalah siswa kelas IV. Dan pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama jenis-jenis kegiatan berbicara yang digunakan guru yaitu diskusi, ceramah, dan bercerita. Kedua, implementasi model pembelajaran talking stick dalam meningkatkan keaktifan berbicara siswa yaitu dapat dilihat dari proses atau langkah guru dari awal pembelajaran menjelaskan tujuan pembelajaran, menyiapkan sebuah tongkat, kemudian menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari, setelah itu memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca sehingga mengambil tongkat dan memberikan kepada siswa dengan bergulir, setelah itu memberikan pertanyaan dan siswa yang memegang tersebut harus menjawabnya maka tongkat diarahkan kepada siswa lain, seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan, memberikan kesimpulan, evaluasi dan penutup. Ketiga, Faktor pendukung seperti sarana dan prasarana, keaktifan siswa itu sendiri dalam berbicara, kesabaran guru dalam mengajar dan fator lingkungan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu, sumber belajar masih minim, alat peraga atau media masih terbatas, dan kemampuan anak dalam berfikir berbeda

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m_071 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 03 Feb 2021 01:33
Last Modified: 03 Feb 2021 01:33
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/623

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item