Pramita, Desi Agustini (2023) Pengaruh Media Pembelajaran Roda Matematika Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Materi Perkalian dan Pembagian Kelas II Di SDN Polagan I Galis Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Desi Agustini Pramita_19381052071_Cover_PGMI.pdf Download (165kB) |
|
Text
Desi Agustini Pramita_19381052071_Lembar Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf Download (35kB) |
|
Text
Desi Agustini Pramita_19381052071_Lembar Pengesahan_PGMI.pdf Download (58kB) |
|
Text
Desi Agustini Pramita_19381052071_Abstrak_PGMI.pdf Download (153kB) |
|
Text
Desi Agustini Pramita_19381052071_Daftar_Isi_PGMI.pdf Download (208kB) |
|
Text
Desi Agustini Pramita_19381052071_BAB I_PGMI.pdf Download (261kB) |
|
Text
Desi Agustini Pramita_19381052071_BAB II_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) |
|
Text
Desi Agustini Pramita_19381052071_BAB III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (461kB) |
|
Text
Desi Agustini Pramita_19381052071_BAB IV_PGMI.pdf Download (515kB) |
|
Text
Desi Agustini Pramita_19381052071_BAB V_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
|
Text
Desi Agustini Pramita_19381052071_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf Download (223kB) |
|
Text
Desi Agustini Pramita_19381052071_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_PGMI.pdf Download (470kB) |
Abstract
Kata Kunci : Media Roda Matematika, Minat Belajar, Perkalian dan Pembagian. Kegiatan pembelajaran merupakan suatu proses pembelajaran yang terjadi di dalam kelas. Proses pembelajaran adalah salah satu kegiatan yang didalamnya terdiri dari kegiatan belajar mengajar. Media roda matematika merupakan salah satu alat bantu pembelajaran yang berbentuk lingkaran dan digunakan dengan cara diputar. Media ini mampu memberikan hasil yang akurat dalam hal perhitungan perkalian dan pembagian. Minat belajar merupakan suatu keinginan yang timbul dari dalam diri dan dimunculkan dalam bentuk ketertarikan atau rasa ingin tahu. Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat dua permasalahan yang akan menjadi pokok pembahasan dalam penelitian ini. Pertama, bagaimana pengaruh media pembelajaran roda matematika terhadap minat belajar siswa pada materi perkalian dan pembagian kelas II di SDN Polagan I Galis Pamekasan. Kedua, seberapa besar pengaruh media pembelajaran roda matematika terhadap minat belajar siswa pada materi perkalian dan pembagian kelas II di SDN Polagan I Galis Pamekasan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sumber data diperoleh dari angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah wali kelas II dan siswa kelas II sebagai responden dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : pertama, tidak ada pengaruh media pembelajaran roda matematika terhadap minat belajar siswa pada materi perkalian dan pembagian kelas II di SDN Polagan I Galis Pamekasan. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis perhitungan “r” kerja lebih kecil daripada “r” tabel product moment yaitu dengan taraf 5% (0.334). Kedua, Pengaruh media pembelajaran roda matematika terhadap minat belajar siswa pada materi perkalian dan pembagian kelas II di SDN Polagan I Galis Pamekasan mempunyai tingkat pengaruh yang tergolong sangat rendah dengan hasil interpretasi pada nilai “r” kerja yaitu sebesar -0,04 yang berada diantara 0,00 – 0,20 yang dikategorikan sangat rendah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 02:09 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 02:09 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6231 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |