penerapan model habituasi dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa di MII Sabilillah Sampang

hayati,, Nur (2023) penerapan model habituasi dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa di MII Sabilillah Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Nur Hayati _ 19381052059_ COVER _ PGMI.pdf

Download (74kB)
[img] Text
persetujuan pembimbing skripsi.pdf

Download (48kB)
[img] Text
pengesahan skripsi.pdf

Download (99kB)
[img] Text
Nur hayati_ 1938105209_ abstrak_ PGMI.pdf

Download (250kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Nur hayati_ 1938105209_ BAB 1_ PGMI.pdf

Download (650kB)
[img] Text
Nur hayati_ 1938105209_ BAB II_ PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] Text
Nur hayati_ 1938105209_ BAB III_ PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[img] Text
Nur hayati_ 1938105209_ BAB IV_ PGMI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Nur hayati_ 1938105209_ BAB V_ PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
Nur hayati_ 1938105209_ DAFTAR PUSTAKA _ PGMI.pdf

Download (364kB)
[img] Text
Nur Hayati _19381052059_ Surat _pernyataan_ keaslian _tulisan_ PGMI.pdf

Download (449kB)

Abstract

Kata Kunci: Penerapan, model habituasi, meningkatkan akhlakul karimah Model habituasi (pembiasaan) adalah melakukan sesuatu secara berulang-ulang. Artinya apa yang dilakukan anak dalam pembelajaran diulang terus menerus sampai ia dapat betul – betul memahaminya dan dapat tertanam di hatinya, model pembiasaan ini melatih anak untuk memiliki sikap disiplin, tanggung jawab serta kemandirian . Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga fokus pembahasan yang menjadi kajian dalam penelitian ini yaitu: Pertama, bagaimana Gambaran Akhlakul Karimah siswa di MII Sabilillah Sampang? kedua, bagaimana Model Habituasi yang di terapkan dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa di MII Sabilillah Sampang? Ketiga, apa saja Faktor Pendukung dan Penghambat dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa di MII Sabilillah Sampang? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Deskriptif adalah salah satu jenis penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena, fakta maupun keadaan yang terjadi dilapangan selama penelitian berlangsung secara alamiah (apa adanya). Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini adalah Guru mata pelajaran, guru keagamaan, kepala sekolah, siswa, sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan Triangulasi Sumber dan Teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, gambaran akhlakul karimah siswa di MII Sabilillah Sampang yaitu, siswa menghormati dan menghargai gurunya, siswa menaati peraturan pembiasaan yang di buat sekolah, siswa sopan dan santun kepada semua warga sekolah. Kedua, model habituasi yang di terapkan dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa di MII Sabilillah Sampang yaitu, pembiasaan siswa harus berwudhu’ dari rumah, baris sebelum memasuki kelas, sholat dhuha dan sholat dzuhur berjemaah, pembiasaan Al-qur’an juz 30/juz amma, pembiasaan penerpan 3S (salam, senyum dan sapa). ketiga, faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa di MII Sabilillah Sampang yaitu,Pendukunga: semua guru dan warga sekolah sama – sama kompak dalam menerapkan akhlakul karimah, support dari yayasan, kebijakan kepala sekolah dalam mengatur sekolah. penghambat: faktor lingkungan siswa, penyalahgunaan teknologi seperti media masa, faktor keluarga

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:09
Last Modified: 09 Jul 2024 02:09
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6236

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item