Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran (Role Playing) Pada Siswa Kelas 5 di SDN Polagan 3

Maulida, Syafira Silvi (2023) Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran (Role Playing) Pada Siswa Kelas 5 di SDN Polagan 3. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
SYAFIRA SILVI MAULIDA_19381052056_COVER_PGMI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
SYAFIRA SILVI MAULIDA_19381052056_HALAMAN PERSETUJUAN_PGMI.pdf

Download (144kB)
[img] Text
SYAFIRA SILVI MAULIDA_19381052056_HALAMAN PENGESAHAN_PGMI.pdf

Download (175kB)
[img] Text
SYAFIRA SILVI MAULIDA_19381052056_ABSTRAK_PGMI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
SYAFIRA SILVI MAULIDA_19381052056_DAFTAR ISI_PGMI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
SYAFIRA SILVI MAULIDA_19381052056_BAB I_PGMI.pdf

Download (326kB)
[img] Text
SYAFIRA SILVI MAULIDA_19381052056_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
SYAFIRA SILVI MAULIDA_19381052056_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] Text
SYAFIRA SILVI MAULIDA_19381052056_BAB IV_PGMI.pdf

Download (492kB)
[img] Text
SYAFIRA SILVI MAULIDA_19381052056_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
SYAFIRA SILVI MAULIDA_19381052056_DAFTAR PUSTAKA_PGMI.pdf

Download (159kB)
[img] Text
SYAFIRA SILVI MAULIDA_19381052056_KEASLIAN TULISAN_PGMI.pdf

Download (156kB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Bermain Peran, Keterampilan Berbicara Siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan berbicara siswa kelas 5 dan siswa masih banyak yang kurang terampil dalam berbicara sehingga siswa merasa malu, takut, dan canggung untuk berbicara di depan umum. Sehingga berpengaruh kepada keterampilan berbicara. Pada penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan hasil penerapan metode bermain peran untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas 5 di SDN Polagan 3. Bermain peran merupakan salah satu cara untuk mendorong imajinasi dan kreativitas siswa. Penerapan metode bermain peran (Role Playing) sangat menarik untuk diterapkan pada mata pelajaran bahasa indonesia, karena siswa lebih berani dan terampil dalam berbicara. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 di SDN Polagan 3. Sumber data diperoleh melalui obeservasi, angket, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan menentukan nilai rata-rata. Penerapan yang dilakukan oleh peneliti yaitu ada beberapa tahap yaitu, pertama, guru membuat RPP. Kedua, guru memberikan naskah drama kepada siswa. Ketiga, guru membentuk kelompok 5 kelompok. Keempat, guru memberikan contoh pementasan drama terhadap peserta didik. Ada empat tahap yang dilaksanakan oleh peneliti yaitu, Perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas 5 di SDN Polagan 3. Hasil penelitian pada tahap siklus 1, hasil tes keterampilan berbicara siswa kelas 5 setelah menerapkan metode bermain peran (role playing) memperoleh nilai klasikal yang berjumlah 1.705. Dari jumlah nilai klasikal dan jumlah siswa dapat diperoleh nilai rata-rata yaitu 74,13. Siswa yang tuntas dalam tes keterampilan berbicara adalah 17 siswa dengan persentase ketuntasan 73,91%. Sedangkan 6 siswa lainnya tidak tuntas dengan persentase ketidaktuntasan 26%. Pada tahap siklus 2, hasil tes keterampilan berbicara siswa kelas 5 setelah menerapkan metode bermain peran (role palying) memperoleh nilai klasikal yaitu 2.005. Dari jumlah nilai klasikal dan jumlah siswa dapat diperoleh dengan nilai rata-rata yaitu 87,17. Siswa yang tuntas dalam tes keterampilan berbicara yaitu sebanyak 20 siswa dengan persentase ketuntasan yaitu, 86,96%. Sedangkan siswa yang tidak tuntas dalam tes keterampilan berbicara sebanyak 3 siswa dengan persentase 13,04%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bermain peran (role playing) dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas 5 di SDN Polagan 3.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:08
Last Modified: 09 Jul 2024 02:08
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6240

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item