Bahri, Syaiful (2023) Implementasi Program Plus Keterampilan dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa di MAN Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Syaiful Bahri_19381041161_Cover_MPI..pdf Download (227kB) |
|
Text
Syaiful Bahri_19381041161_Lembar Persetujuan_MPI..pdf Download (130kB) |
|
Text
Syaiful Bahri_19381041161_Lembar Pengesahan_MPI..pdf Download (160kB) |
|
Text
Syaiful Bahri_19381041161_Abstrak_MPI..pdf Download (164kB) |
|
Text
Syaiful Bahri_19381041161_Daftar_ Isi_MPI..pdf Download (165kB) |
|
Text
Syaiful Bahri_19381041161_BAB I_MPI..pdf Download (513kB) |
|
Text
Syaiful Bahri_19381041161_BAB II_MPI..pdf Restricted to Repository staff only Download (488kB) |
|
Text
Syaiful Bahri_19381041161_BAB III_MPI..pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
|
Text
Syaiful Bahri_19381041161_BAB IV_MPI..pdf Download (449kB) |
|
Text
Syaiful Bahri_19381041161_BAB V_MPI..pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
|
Text
Syaiful Bahri_19381041161_Daftar Pustaka_MPI..pdf Download (388kB) |
|
Text
Syaiful Bahri_19381041161_Surat Penyataan Keaslian_MPI..pdf Download (174kB) |
Abstract
Kata Kunci: Implementasi, Program Keterampilan, Kreativitas Siswa Program keterampilan merupakan kegiatan yang dilakukan dalam membentuk karakter berpikir kreatif dan inovatif yang dimiliki siswa untuk meningkatkan kreativitas yang nantinya diharapkan dapat mengembangkan minat bakat melalui program pembelajaran baru di dalam kelas yaitu dari masing-masing keterampilan yang dipelajari. Berdasarkan hal tersebut maka ada tiga pokok yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini. Pertama, Bagaimana Implementasi Program Plus Keterampilan dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa di MAN Sumenep. Kedua, Apa Saja Faktor Pendukung Implementasi Program Plus Keterampilan dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa di MAN Sumenep. Ketiga, Apa Saja Faktor Penghambat Implementasi Program Plus Keterampilan dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa di MAN Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian induktif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dikelompokan menjadi tiga yakni, kepala sekolah, waka kurikulum, guru keterampilan dan siswa. Sedangkan analisis data dilakukan sebelum dan sesudah dilapangan dengan melakukan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, Implementasi Program Plus Keterampilan dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa di MAN Sumenep dilakukan dengan memberikan program pembelajaran tambahan kepada siswa yang mengikuti dari tujuh masing-masing keterampilan yakni: tata boga, tata busana, tata rias, desain grafis, operator komputer, multimedia dan batik. Kedua, Faktor pendukung Implementasi Program Plus keterampilan dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa di MAN Sumenep yakni pihak madrasah memberikan sarana dan prasarana yang memadai dan juga adanya dukungan dari kepala sekolah, guru, orang tua siswa dan masyarakat sekitar yang dapat meningkatkan minat pada siswa untuk ikut serta dalam pembelajaran keterampilan. Ketiga, Faktor Penghambat Implementasi Program Plus Keterampilan dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa di MAN Sumenep yakni masih ada kekurangan sarana dan prasarana dan juga kualitas guru yang harus ditingkatkan agar guru lebih berkembang dalam kualitas yang dimiliki dan siswa bisa lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan bakat yang ada dalam dirinya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 03:01 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 03:01 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6248 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |