Implementasi Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Pembelajaran Tematik di SDN Kangenan 1 Pamekasan

Risnawati, Risnawati (2020) Implementasi Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Pembelajaran Tematik di SDN Kangenan 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a) Risnawati_20160701050084_Cover_PGMI.pdf

Download (138kB)
[img] Text
c) Risnawati_20160701050084_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf

Download (163kB)
[img] Text
d) Risnawati_20160701050084_Lembar_Pengesahan_PGMI.pdf

Download (218kB)
[img] Text
e) Risnawati_20160701050084_Abstrak_PGMI.pdf

Download (8kB)
[img] Text
f) Risnawati_20160701050084_Daftar_Isi_PGMI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
g) Risnawati_20160701050084_BAB I_PGMI.pdf

Download (236kB)
[img] Text
h) Risnawati_20160701050084_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] Text
i) Risnawati_20160701050084_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
j) Risnawati_20160701050084_BAB IV_PGMI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
k) Risnawati_20160701050084_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text
l) Risnawati_20160701050084_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf

Download (202kB)
[img] Text
b) Risnawati_20160701050084_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_PGMI.pdf

Download (204kB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Pembelajaran Tematik Melalui strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), siswa diharapkan dalam belajar akan terasa menjadi lebih bermakna, ketika dapat mencari tahu sendiri dan mengalami langsung pemerolehan ilmu pengetahuan, bukan sekedar hasil pentransferan ilmu dari materi yang di pelajarinya. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran tematik di SDN Kangenan 1 Pamekasan? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran tematik di SDN Kangenan 1 Pamekasan? (3) Bagaimana respon siswa terhadap strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran tematik di SDN Kangenan 1 Pamekasan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, adapun sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru kelas, dan siswa. Teknik pengumpulan data yaitu: (1) Observasi, (2) Wawancara dan (3) Dokumentasi. Kemudian data yang sudah diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, implementasi strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran Tematik di SDN Kangenan 1 Pamekasan terdiri dari: Persiapan dengan membuat: Prota, Promes, Pemetaan KD, Silabus, RPP, Jurnal Pembelajaran, Kisi-kisi Penilaian Harian, Soal-soal Penilaian Harian Berdasarkan Tema, dan Analisis Penilaian Harian. Selain itu, guru juga harus memahami terlebih dahulu materi yang ingin diajarkan, melihat ketersediaan lingkungan, dan menyiapkan media pembelajaran. Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam dan mengecek kehadiran siswa, menyampaikan tema/subtema, tujuan, dan kegiatan pembelajaran yang ingin dilakukan. Guru memberikan dorongan kepada siswa supaya fokus dan siap mengikuti kegiatan pembelajaran. Guru menerapkan asasasas dari pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), yakni: konstruktivisme, menemukan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian autentik. Kedua, faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran tematik di SDN Kangenan 1 Pamekasan, yakni: faktor pendukungnya: guru, sarana dan prasarana, siswa, dan lingkungan. Sedangkan, faktor penghambatnya: waktu dan keterbatasan kemampuan siswa. Ketiga, Respon siswa terhadap strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran tematik di SDN Kangenan 1 Pamekasan, mendapatkan respon yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m_071 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 03 Feb 2021 01:36
Last Modified: 03 Feb 2021 01:36
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/625

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item