Noriandani, Dina (2023) Penerapan Media Loose Parts Pada Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B TK Pertiwi Kab. Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Dina Noriandani_20381062041_Cover_PIAUD.pdf Download (99kB) |
|
Text
Dina Noriandani_20381062041_Halaman Persetujuan_PIAUD.pdf Download (203kB) |
|
Text
Dina Noriandani_20381062041_Halaman Pengesahan_PIAUD.pdf Download (171kB) |
|
Text
Dina Noriandani_20381062041_Abstrak_PIAUD.pdf Download (121kB) |
|
Text
Dina Noriandani_20381062041_Daftar Isi_PIAUD.pdf Download (161kB) |
|
Text
Dina Noriandani_20381062041_BAB I_PIAUD.pdf Download (251kB) |
|
Text
Dina Noriandani_20381062041_BAB II_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
|
Text
Dina Noriandani_20381062041_BAB III_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
|
Text
Dina Noriandani_20381062041_BAB IV_PIAUD.pdf Download (310kB) |
|
Text
Dina Noriandani_20381062041_BAB V_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
Text
Dina Noriandani_20381062041_Daftar Rujukan_PIAUD.pdf Download (225kB) |
|
Text
Dina Noriandani_20381062041_Pernyataan Keaslian Tulisan_PIAUD.pdf Download (119kB) |
Abstract
Kata Kunci : Media Loose Parts, Kognitif, Kelompok B Perkembangan kognitif merupakan tahap dimana anak mampu terus belajar dan berkembang seiring bertambahnya usia, sehingga dalam proses perkembangannya anak memerlukan banyak stimulasi berbeda yang sesuai dengan anak usia dini faktor kognitif memegang peranan penting dalam keberhasilan akademi anak karena sebagian besar kegiatan belajar selalu berkaitan dengan kemampuan berpikir dan mengingat. Aktivitas tersebut merupakan aktivitas kognitif yang perlu dikembangkan oleh pendidik. Pendidik dapat merancang kegiatan yang menyenangkan seperti penggunaan media loose parts Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana kemampuan kognitif anak kelompok B di TK Pertiwi Kab. Pamekasan serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menggunakan media loose parts. Metode penelitian ini yang digunakan penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan sumber data primer yaitu kepala sekolah dan guru kelas. Adapun pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi Hasil penelitian dari kegiatan penerapan media loose parts untuk perkembangan kognitif anak bagi anak Kelompok B di TK Pertiwi Kab. Pamekasan yaitu guru dengan di berikan contoh terlebih dahulu kemudian anak-anak mengikuti dengan kegiatan ini dapat melatih kemampuan kognitifnya dan anak dapat memecahkan masalah yang dihadapinya. Kegiatan saat observasi pertama yaitu: Pertama, anak mengklasifikasikan biji-bijian berdasarkan bentuk dan warna, yang kedua, menghubungkan gambar rumah dengan lambang bilangan yang ketiga menyusun batu, biji-bijian, daun, dll menjadi kata “RUMAH” yang terakhir. Menyusun loose parts menjadi bentuk rumah. Pada observasi kedua kegiatan pertama, menyusun biji jagung menjadi kata jagung, kedua, menghitung banyaknya biji jagung, ketika membuat jagung dari plastisin. memahami perintah mengenali dan menyesuaikan apa tugas kegiatan anak. Adapun faktor pendukung dalam penerapan media loose parts pada perkembangan kognitif anak kelompok B TK Pertiwi kab. Pamekasan yaitu media yang mudah ditemukan tanpa membeli dengan harga mahal serta lingkungan yang strategis dan mendukung. Sedangkan faktor penghambantnya yaitu anak susah di atur dan ruang kelas kurang memadai.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 02:35 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 02:35 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6283 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |