Penerapan Metode Iqra’ dalam Pembelajaran Membaca AlQur’an pada Anak Kelompok B di RA Miftahus Shudur Desa Larangan Tokol Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan

Mauludiyah, Mauludiyah (2023) Penerapan Metode Iqra’ dalam Pembelajaran Membaca AlQur’an pada Anak Kelompok B di RA Miftahus Shudur Desa Larangan Tokol Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Mauludiyah_19381062058_Cover_PIAUD.pdf

Download (136kB)
[img] Text
Mauludiyah_19381062058_Lembar Persetujuan Pembimbing_PIAUD.pdf

Download (49kB)
[img] Text
Mauludiyah_19381062058_Lembar Pengesahan_PIAUD.pdf

Download (74kB)
[img] Text
Mauludiyah_19381062058_Abstrak_PIAUD.pdf

Download (258kB)
[img] Text
Mauludiyah_19381062058_Daftar Isi_PIAUD.pdf

Download (271kB)
[img] Text
Mauludiyah_19381062058_BAB I_PIAUD.pdf

Download (308kB)
[img] Text
Mauludiyah_19381062058_BAB II_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[img] Text
Mauludiyah_19381062058_BAB III_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
Mauludiyah_19381062058_BAB IV_PIAUD.pdf

Download (356kB)
[img] Text
Mauludiyah_19381062058_BAB V_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] Text
Mauludiyah_19381062058_Daftar Pustaka_PIAUD.pdf

Download (225kB)
[img] Text
Mauludiyah_19381062058_Surat Pernyataan Keaslian Karya_PIAUD.pdf

Download (131kB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Iqra’, Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Metode Iqra’ adalah suatu sistem pembelajaran Al-Qur’an yang langsung pada latihan membaca, dimulai pada tingkat yang paling sederhana, yaitu mengenalkan bunyi huruf seperti: “A, Ba, Tsa” dan seterusnya, kemudian berlanjut tahap demi tahap yaitu menyambung huruf hijaiyah sampai pada tingkat yang paling sempurna, yaitu mengenalkan hukum tajwid serta cara membacanya. Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu: pertama, Bagaimana penerapan metode iqra’ dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an pada anak kelompok B di RA Miftahus Shudur Desa Larangan Tokol Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan. Kedua, Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode iqra’ dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an pada anak kelompok B di RA Miftahus Shudur Desa Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah dan guru kelas B di RA Miftahus Shudur Desa Larangan Tokol Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, penerapan metode iqra’ dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an pada anak kelompok B di RA Miftahus Shudur Desa Larangan Tokol Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan, dilakukan dengan anak mengaji buku Iqra’ setiap hari dan guru pengajar harus berpedoman pada petunjuk mengajar buku Iqra’ yang sudah ada di setiap awal halaman jilid Iqra’ yang meliputi: 1) Pelaksanaan membaca Iqra’ dilakukan dengan cara belajar siswa aktif, 2) Guru mengajarkan Iqra’ secara langsung pada anak didik, 3) Guru hanya mencontohkan cara membaca hanya pada huruf yang ada di awal halaman atau pokok bacaan, 4) Guru mengajarkan Iqra’ setiap hari, 5) Guru melakukan pengulangan bacaan hanya pada bacaan anak yang salah dan membenarkan huruf yang keliru pada bacaan siswa, 6) Guru menaikkan halaman jilid Iqra’ anak didik apabila dianggap mampu membacanya dengan baik dan benar, 7) Guru mengajarkan Iqra’ tanpa pengenalan tajwid secara mendalam. Kedua, faktor pendukung penerapan metode Iqra’ dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an pada anak kelompok B di RA Miftahus Shudur Desa Larangan Tokol Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan antara lain: a) Motivasi atau semangat belajar anak didik, b) adanya sarana dan prasarana yang mendukung, c) Motivasi guru, d) adanya kerja sama antara orang tua dan guru. Dan faktor penghambat penerapan metode Iqra’ dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an pada anak kelompok B di RA Miftahus Shudur adalah a) kesiapan atau kondisi anak didik, b) kurangnya tenaga pendidik di kelas, dan c) kurangnya stimulasi dari lingkungan keluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:05
Last Modified: 09 Jul 2024 02:05
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6305

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item