Indriani, Novi (2023) Implementasi Metode Tartila Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Anak Usia Dini Di RA Bustanul Ulum Angsanah Palengaan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Novi Indriani_19381062031_Cover_PIAUD.pdf.pdf Download (329kB) |
|
Text
Novi Indriani_19381062031_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PIAUD.pdf.pdf Download (54kB) |
|
Text
Novi Indriani_19381062031_Lembar_Pengesahan_PIAUD.pdf.pdf Download (95kB) |
|
Text
Novi Indriani_19381062031_ABSTRAK_PIAUD.pdf.pdf Download (266kB) |
|
Text
Novi Indriani_19381062031_Daftar_Isi_PIAUD.pdf.pdf Download (116kB) |
|
Text
Novi Indriani_19381062031_BAB I_PIAUD.pdf.pdf Download (515kB) |
|
Text
Novi Indriani_19381062031_BAB II_PIAUD.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (745kB) |
|
Text
Novi Indriani_19381062031_BAB III_PIAUD.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (422kB) |
|
Text
Novi Indriani_19381062031_BAB IV_PIAUD.pdf.pdf Download (569kB) |
|
Text
Novi Indriani_19381062031_BAB V_PIAUD.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
|
Text
Novi Indriani_19381062031_Daftar_ Pustaka_PIAUD.pdf.pdf Download (371kB) |
|
Text
Novi Indriani_19381062031_Surat_Pernyataan_Keaslian_Tulisan_PIAUD.pdf.pdf Download (95kB) |
Abstract
Kata Kunci: Metode Tartila, Pembelajaran Membaca Al-Qur’an, Anak Usia Dini Mengajarkan membaca Al-Quran pada anak usia dini bisa melalui dengan metode tartila. Di RA Bustanul Ulum Angsanah Palengaan Pamekasan dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an menggunakan metode tartila. Dengan hal ini, maka paneliti ingin mengkaji dua hal pokok didalam penelitian ini yaitu bagaimana implementasi metode tartila dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an anak usia dini di RA Bustanul Ulum Angsanah Palengaan Pamekasan, serta apa saja kelebihan dan kekurangan metode tartila dalam pembelajaran membaca AlQur’an anak usia dini di RA Bustanul Ulum Angsanah Palengaan Pamekasan. Metode penelitian yang digunakan dalam peneliian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan adalah sumber data manusia yaitu guru atau pendidik serta sumber data non manusia yaitu dokumen-dokumen yang berkaitan dengan masalah penelitian yang diteliti seperti halnya gambar, foto, catatan atau tulisan yang berkaitan dengan fokus penelitian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode tartila dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an anak usia dini di RA Bustanul Ulum Angsanah Palengaan Pamekasan yaitu pertama, proses penggunaan membaca tartila menggunakan teknik individual yang artinya anak membaca satu-persatu secara bergiliran kepada guru. Sebelum kegiatan dimulai anak dibiasakan membaca surat-surat pendek dan membaca do’a sehari-hari. Penggunaan metode tartila cukup efektif terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an anak. Terbukti dengan adanya siswa yang sudah khatam 6 jilid pada buku ajar tartila dan melanjutkan membaca AlQur’an. Yang kedua, kelebihan metode tartila di RA Bustanul Ulum Angsanah Palengaan Pamekasan, materi yang diajarkan diulang-ulang sehingga siswa bisa cepat paham serta buku ajar yang diajarkan disesuaikan dengan kemampuan anak. Sedangkan kekurangan metode tartila di RA Bustanul Ulum Angsanah Palengaan Pamekasan, ketika siswa sering absen maka akan ketinggalan pelajaran dari siswa yang aktif maka hal tersebut siswa akan mengalami kesulitan serta ketika siswa yang memmiliki IQ rendah maka juga akan mengalami kesulitan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 02:04 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 02:04 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6312 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |