Arifah, St. (2023) Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Dalam Kegiatan Kolase Di Tk Tarbiyatud Diniyah Sumber Batu Blumbungan Larangan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
ST.ARIFAH_19381062037_COVER_PIAUD.pdf Download (200kB) |
|
Text
ST. ARIFAH_19381062037_HALAMAN PERSETUJUAN_PIAUD.pdf Download (257kB) |
|
Text
ST. ARIFAH_19381062037_HALAMAN PENGESAHAN_PIAUD.pdf Download (163kB) |
|
Text
ST. ARIFAH_19381062037_ABSTRAK_PIAUD.pdf Download (183kB) |
|
Text
ST. ARIFAH_19381062037_DAFTAR ISI_PIAUD.pdf Download (488kB) |
|
Text
ST. ARIFAH_19381062037_BAB 1_PIAUD.pdf Download (765kB) |
|
Text
ST. ARIFAH_19381062037_BAB II_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) |
|
Text
ST. ARIFAH_19381062037_BAB III_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (540kB) |
|
Text
ST. ARIFAH_19381062037_BAB IV_PIAUD.pdf Download (713kB) |
|
Text
ST. ARIFAH_19381062037_BAB V_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) |
|
Text
ST. ARIFAH_19381062037_DAFTAR PUSTAKA_PIAUD.pdf Download (9kB) |
|
Text
ST. ARIFAH_19381062037_KEASLIAN TULISAN_PIAUD.pdf Download (156kB) |
Abstract
Kata kunci: kemampuan motorik halus Anak, kegiatan kolase Motorik halus merupakan kemampuan anak dalam hal mengamati sesuatu, melakukan gerakan yang hanya melibatkan bagian-bagian tubuh tertentu dan juga perlu dilakukan otot-otot kecil tetapi juga memerlukan koordinasi yang sangat cermat. Perkembangan motorik halus memerlukan koordinasi antara fungsi jari-jari tangan dan fungsi visual untuk memegang menulis dan lain-lain Sedangkan kegiatan kolase merupakan teknik menempel menggunakan berbagai macam bahan, tetapi bahan yang digunakan tersebut aman bagi anak. Berdasarkan hal tersebut,maka terdapat dua permasalahan pada penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana cara meningkatkan kemampuan motorik halus anak di kelompok A melalui kegiatan kolase di TK Tarbiyatud diniyah ?. Kedua bagaimana faktr pendukung motorik halus ? Tujuan penelitian ini pertama untuk mengetahui hasil peningkatan perkembangan motoric halus pada anak di kelompok A dalam kegiatan kolase di Tarbiatud diniyah Kedua untuk mengetahui factor pendukung motorik halus anak di TK Tarbiyatud diniyah. Penelitian yang akan dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: berupa tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi yang hasilnya digunakan untuk memperoleh data tentang peningkatan kemampuan motorik halus pada anak. Penelitian ini di lakukan dengan adanya persiapan kegiatan pembelajaran harian yang dilakukan dalam 3 tahap, yaitu pembukaan, inti, dan penutup. Pada tahap pembukaan peneliti akan menjelaskan tentang tema hari ini. Pada tahap inti peneliti akan menyampaikan peraturan kegiatan kolase terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan. Setelah itu peneliti akan membagikan media nya, Permainan tersebut di lakukan secara bersamaan, Tahap terakhir yaitu penutup peneliti akan menanyakan kembali tentang kegiatan yang telah dilakukan. Dari hasil yang telah dilakukan dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak di kelompok A dalam kegiatan kolase dapat dikatakan sudah meningkat karena anak sangat tertarik dan merasa senang saat melakukan kegiatan kolase. Anak juga dapat saling berkomunikasi untuk menyampaikan pendapatnya sendiri. Selain itu juga terdapat beberapa gambar-gambar yang belum pernah dijumpai oleh anak, sehingga hal ini dapat membantu meningkatkan rasa kaingin tahuan pada anak serta membuat anak tertarik dan merasa asyik saat melakukan kegiatan kolase tersebut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 02:04 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 02:04 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6314 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |