Penerapan Metode Peta Konsep dalam Keterampilan Menulis Cerpen pada Siswa Kelas XII MA Al-Islamiyah I Sumber Batu Pamekasan

Sholeh, Khoirus (2023) Penerapan Metode Peta Konsep dalam Keterampilan Menulis Cerpen pada Siswa Kelas XII MA Al-Islamiyah I Sumber Batu Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
SAMPUL.pdf

Download (53kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (113kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (265kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (14kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (71kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (135kB)
[img] Text
KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (100kB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Peta Konsep, Menulis Cerpen. Metode peta konsep merupakan suatu teknik visual yang dapat menyelaraskan proses belajar dengan cara kerja alami otak yang menunjukkan ideide atau penggambaran pembelajaran dimulai dari konsep umum sampai pada yang terkhusus tanpa mengindahkan urutan atau topik bahasan yang diinginkan, dengan kata lain peta konsep adalah suatu cara memetakkan sebuah informasi yang digambarkan ke dalam bentuk cabang-cabang pikiran dengan berbagai imajinasi kreatif. Penelitian ini ada tiga fokus penelitian. Pertama, Bagaimana penerapan metode peta konsep dalam keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas XII MA Al-Islamiyah I Sumber Batu Pamekasan? Kedua, Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode peta konsep dalam keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas XII MA Al-Islamiyah I Sumber Batu Pamekasan? Dan Ketiga, Bagaimana hasil dari penerapan metode peta konsep dalam keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas XII MA Al-Islamiyah I Sumber Batu Pamekasan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun objek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII MA AlIslamiyah I Sumber Batu Pamekasan dengan sumber data pendidik mata pelajaran bahasa Indonesia dan peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, penerapan metode peta konsep dalam keterampilan menulis cerpen berjalan baik, pendidik menerapkan pembelajaran dengan metode peta konsep dengan menyampaikan materi pembelajaran, komponen cerpen, langkahlangkah menulis cerpen dan pengarahan pembuatan kerangka peta konsep sebelum menulis cerita pendek. Sehingga saat peserta didik menulis tidak lagi kebingungan dalam menyelesaikannya. Kedua, faktor penghambat yaitu latar belakang peserta didik yang berbeda-beda, ada yang antusias juga ada yang kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Faktor pendukungnya adalah prasarana dan kualitas pendidik dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Ketiga, hasil dari penerapannya peserta didik mampu menyelesaikan cerita pendek pengalaman pribadi dengan membuat peta konsep terlebih dahulu. Hasil tulisannya pun mendekati sempurna dilihat dari indikator penilaian. Dari tiga belas peserta didik, sembilan dari jumlah keseluruhan mampu menerapkannya secara baik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 11 Jul 2024 03:02
Last Modified: 11 Jul 2024 03:02
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6323

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item